Cara Agar Karir Tak Merusak Kehidupan Keluarga

by
March 24th, 2014 at 1:16 pm

CiriCara.com – Pekerjaan ternyata bisa berpengaruh pada kehidupan pribadi seseorang. Urusan kantor sering membuat kita jadi tidak sempat meluangkan waktu untuk keluarga. Tak jarang, sejumlah masalah pribadi pun muncul karenanya.

tips keluarga dan karir

Karir dan keluarga – Ist

Anda sudah berjanji untuk jalan-jalan pada akhir pekan ini. Namun sayang, rencana tersebut gagal karena Anda mendapat kerja tambahan dari kantor. Hal ini jelas akan membuat keluarga Anda kecewa.

Terlalu sibuk dengan pekerjaan bisa membuat hubungan Anda dan keluarga jadi rusak. Baik itu hubungan dengan suami maupun dengan anak. Rumah tangga yang Anda bina pun tidak akan bisa berjalan harmonis.

Berikut cara agar karir tidak merusak kehidupan pribadi Anda:

1. Selalu ingat waktu

Kalau sedang bekerja, beberapa orang sering lupa waktu. Mereka terkadang tak segan untuk melakukan kerja lembur sampai pekerjaan itu selesai. Cobalah untuk mengingat waktu kapan Anda bekerja dan kapan Anda harus berkumpul bersama keluarga. Bekerja sampai lupa waktu hanya akan membuat Anda jauh dari keluarga.

2. Buat komitmen

Cobalah untuk berkomitmen pada diri sendiri bahwa hari libur adalah waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Jika ada kerja tambahan saat hari libur, Anda bisa menolaknya atau melobi perusahaan untuk mengulur waktu. Pekerjaan memang penting, tapi keluarga juga sangat penting.

3. Selalu jaga komunikasi

Walau pun Anda bekerja seharian di kantor, komunikasi dengan keluarga harus tetap terjaga. Anda bisa menelepon untuk sekadar menanyakan kondisi anak maupun rumah. Manfaatkan waktu istirahat untuk berkomunikasi dengan keluarga.

CiriCara: Cara Menyeimbangkan Karir dan Cinta4. Kurangi kerja lembur

Bekerja lembur akan membuat tubuh Anda jadi kurang tidur dan merasa lelah. Akibatnya, saat pulang ke rumah Anda akan lebih memilih langsung tidur dan tidak sempat berkumpul bareng keluarga. Jika hal ini terjadi terus menerus, hubungan Anda dan keluarga pun akan rusak.

5. Waktu keluarga

Anda bisa berkumpul bareng keluarga minimal satu minggu sekali. Jangan sampai karena Anda terlalu sibuk bekerja, anak Anda sampai memanggil Anda dengan sebutan om atau pun tante. Hal ini jelas akan menyakitkan untuk Anda.

Itulah beberapa cara agar karir tidak merusak kehidupan keluarga Anda. Semoga berhasil!

(YG)

Comment di sini