Film NOAH Tidak Akan Ditayangkan di Indonesia

by
March 24th, 2014 at 11:34 am

CiriCara.comNoah, sebuah film yang mengisahkan tentang kehidupan Nabi Nuh menuai banyak kritikan. Film yang dibintangi oleh Rusell Crowe itu sebelumnya sudah dilarang beredar di negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Qatar, dan Bahrain karena ceritanya yang dianggap tidak sesuai dengan kenyataan hidup Nabi Nuh yang tertulis dalam kitab suci.

Film NOAH dilarang tayang di Indonesia / Ist.

Film NOAH dilarang tayang di Indonesia / Ist.

Selain diprotes oleh kaum Muslim di negara itu, Noah juga diprotes oleh para kaum pendeta Nasrani dan Katolik di Negeri Paman Sam, tempat Hollywood bercokol lantaran juga dianggap tidak sesuai dengan isi ajaran Alkitab.

Kini secara resmi film bertema agama ini dilarang untuk ditayangkan di Indonesia. Dilansir dari Gatra, film tentang Nabi Nuh ini tidak lolos penilaian Lembaga Sensor Film (LSF).

Film ini dianggap tidak sesuai dengan yang tertulis di dalam Al Quran dan dikhawatirkan bisa menyesatkan masyarakat Indonesia. Munculnya film ini dikhawatirkan bisa memicu pertentangan di dalam masyarakat.

Selain itu pihak LSF menemukan unsur SARA dalam film yang disutradarai oleh Darren Aronofsky.

“Intinya ini mengandung unsur SARA,” jelas anggota LSF, Zainut Tauhid Sa’adi dalam keterangannya seperti dikutip oleh Detik.com, Senin 24 Maret 2014.

Menanggapi pelarangan penayangan di sejumlah negara, rumah produksi yang memproduksi film Noah ini mengatakan bahwa film yang juga dibintangi oleh Emma Watson ini memang tidak murni diambil dari Kitab Suci karena dibuat serealistis mungkin. (RN)

Comment di sini