Manfaat Ajaib Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

by
March 24th, 2014 at 4:55 pm

CiriCara.com – Sekilas tidak ada yang istimewa saat kita melihat dengan mata telanjang terkait ciptaan Tuhan yang satu ini. Hanya warnanya yang hijau dan aroma khasnya yang menenangkan. Namun, siapa sangka jika si hijau yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Ya, daun jambu biji yang kaya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Jambu biji (psidium duajava) merupakan jenis buah yang siap untuk dikonsumsi baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu misalnya dibuat jus segar dan lain sebagainya. Siapa sangka daun jambu biji yang selama ini hanya kita ketahui dapat meredakan diare, ternyata kaya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Daun biji jambu memiliki kandungan yang sangat beragam diantaranya asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajavarin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tannin.

Karena kandungannya yang luar biasa banyak tersebut, daun biji jambu dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit seperti: obat diare, obat sakit maag, obat sariawan, obat masuk angin, demam berdarah, penurun kadar kolestrol tinggi, luka berdarah, sariawan dan sakit gigi, perut kembung dan menghilangkan komedo serta jerawat pada wajah cantik kita. Dahsyat bukan? Kecil tapi manfaatnya sangat luar biasa.

Berikut ini beberapa cara untuk meramu daun jambu biji untuk dijadikan obat herbal atau tradisional, mari kita simak:

1. Menurunkan kadar kolestrol

Daun jambu biji meredakan kolesterol / Ist.

Daun jambu biji meredakan kolesterol / Ist.

Ambil kurang lebih 7 lembar daun jambu biji yang masih segar, tambahkan 2 gengam ceremai dan kurang lebih 10 lembar daun sirih, cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut setengah gelas dipagi dan malam hari.

Comment di sini