Kenapa Pesawat MH370 Jatuh di Samudera Hindia?

by
March 25th, 2014 at 11:07 am

Jakarta (CiriCara.com) – Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyatakan bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh di Samudera Hindia. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan penjelasan dari UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB).

malaysia airlines

Dua koridor pencarian Mh370 – Ist

Najib mengatakan bahwa Inmarsat dan AAIB telah menyimpulkan bahwa pesawat MH370 terbang sepanjang koridor selatan. Dari analisis terbaru, posisi terakhir MH370 berada di tengah Samudera Hindia.

“Oleh karena itu, dengan sedih dan menyesal saya harus menginformasikan bahwa berdasarkan data terbaru ini, pesawat MH370 berakhir (jatuh) di selatan Samudera Hindia,” ujar Najib dalam konferensi pers, Senin (24/3/2014) pukul 21.00 WIB.

Mendengar pernyataan tersebut, kini sejumlah pertanyaan pun kembali muncul. Kenapa bisa pesawat MH370 yang seharusnya berada di rute Kuala Lumpur-Beijing itu jatuh di selatan Samudera Hindia?

Pesawat MH370 berangkat dari bandara Internasional Kuala Lumpur, Sabtu (8/3/2014) pukul 00.41 waktu setempat. Pada pukul 01.21, transponder pesawat MH370 diketahui dimatikan oleh seseorang. Saat itu pesawat diketahui berada di perbatasan Malaysia dan Vietnam.

Karena tidak terlacak oleh ATC Vietnam, pesawat MH370 itu pun dinyatakan hilang. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa pesawat sempat berbelok ke arah barat menuju ke Selat Malaka. Rada militer Malaysia kemudian berhasil melacak MH370 berada di Samudra Hindia.

Dari situ ditetapkan ada dua koridor yang mungkin dilalui oleh MH370, yakni koridor utara meliputi Thailand ke Kazakhstan dan koridor selatan dari Indonesia ke selatan Australia. Dan pada akhirnya, analisis yang dilakukan satelit Inmarsat menunjukkan bahwa MH370 terbang di koridor selatan dan dinyatakan jatuh di selatan Samudera Hindia.

Hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari pihak Malaysia mengenai penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Alasan pesawat berbelok arah ke Samudera Hindia pun masih belum diketahui.

(YG)

Comment di sini