Nutrisi Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

by
March 25th, 2014 at 3:25 pm

CiriCara.com – Kehamilan merupakan masa penting bagi para ibu yang mendambakan kehadiran sang buah hati. Selain menjaga kondisi tubuh agar tidak keguguran, ibu hamil juga harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisi agar janin tetap sehat.

ibu hamil

Ibu hamil – Ist

Kebutuhan nutrisi itu bisa dipenuhi melalui asupa makanan yang tepat. Jadi usahakan untuk menkonsumsi makan-makanan yang bernutrisi baik untuk janin. Dengan demikian Anda dan janin bisa tetap sehat.

Tidak semua makanan bagus untuk ibu hamil, ada beberapa makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Karena asupan makanan ini sangat berpengaruh pada perkembangan janin, maka pastikan makanan yang Anda konsumsi itu sehat dan aman.

Berikut nustrisi penting yang harus dikonsumsi saat hamil:

1. Asam Folat

Salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil adalah asam folat dan vitamin B9. Nutrisi ini membantu produksi sel darah merah dan juga mampu memperbaiki DNA. Asam folat ini juga berguna untuk mencegah risiko kelahiran prematur.

Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan asam folat cukup tinggi. Di antaranya adalah bayam, kacang-kacangan, dan kacang polong.

2. Vitamin D

Vitamin D sangat berguna untuk membantu perkembangan janin, meningkatkan energi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak akan gampang sakit. Konsumsi cukup vitamin D juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang ibu dan anak.

Namun jangan terlalu banyak menkonsumsi vitamin D. Salah satu sumber vitamin D alami yang aman dan baik untuk tubuh adalah sinar matahari pagi.

ibu hamil

Ibu hamil – Sangobion.co.id

3. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk membentuk tulang yang kuat dan gigi yang kuat pada ibu dan calon bayi. Kalsium ini juga baik untuk pertumbuhan otot dan sistem saraf janin. Kalsium ini bisa didapat dari, susu, yogurt, keju, dan ikan salmon.

4. Zat besi

Zat besi berguna untuk memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Nutrisi ini penting karena selama kehamilan ibu membutuhkan banyak darah. Kekurangan zat besi bisa membuat ibu mengalami anemia yang bisa berujung pada kelahiran prematur. Disarankan menkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging dan ayam.

Disarankan agar empat nutrisi tersebut bisa terpenuhi agar ibu dan janin bisa sehat sampai masa kelahiran. Jadi, perhatikan lagi makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, apakah baik untuk kesehatan janin atau tidak.

(YG)

Comment di sini