4 Alasan Mengapa Film ‘Noah’ Dicekal

by
March 26th, 2014 at 10:59 am

CiriCara.com – Film terbaru besutan sutradara Darren Aronofsky ini memang dicap kontroversial karena menyimpang dari ajaran tiga agama besar, yaitu Islam, Kristen dan Yahudi. Bahkan, meski sang sutradara menyebut jika ini adalah film adaptasi dari kisah-kisah di Alkitab yang paling sesuai, tetap saja penolakan gencar dilakukan bahkan oleh kaum Kristiani sekalipun.

Film ‘Noah’ yang dibintangi oleh Russel Crowe, Anthony Hopkins, dan Emma Watson ini menceritakan tentang bencana besar banjir bah yang menenggelamkan umat manusia di muka bumi. Noah (Nabi Nuh) menjadi orang yang dipilih Allah untuk melakukan penyelamatan dengan membangun bahtera atau kapal besar.

Sayangnya, meski premire film ini menembus blockbuster USD 130 juta lebih, ‘Noah’ harus tenggelam dalam kontroversi dan pencekalan. Berikut adalah alasan mengapa film ‘Noah’ dicekal di beberapa negara, termasuk Indonesia.

1. Penggambaran Nabi Nuh

Noah diperankan Russel Crowe / USA Today

Noah diperankan Russel Crowe / USA Today

Negara-negara di Arab dan Timur Tengah melarang peredaran film Hollywood ini karena bertentangan dengan ajaran Islam. Selain kisahnya yang melenceng dari Alquran, Noah juga digambarkan dalam wujud manusia. Padahal ajaran Islam sangat melarang penggambaran atau pencitraan sosok nabi baik dalam bentuk gambar, karikatur, lukisan, film atau apapun yang mewujudkannya dalam bentuk manusia.

Qatar, Bahrain, dan UEA menjadi tiga negara pertama yang mencekal ‘Noah’. Larangan juga diimbau ke beberapa negara Arab lainnya seperti Mesir, Yordania dan Kuwait.

Comment di sini