Cara Hentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

by
March 26th, 2014 at 4:21 pm

CiriCara.com – Kebiasaan menunda pekerjaan jika dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan efek malas. Akibatnya pekerjaan jadi menumpuk dan tidak bisa terselesaikan tepat waktu. Apakah Anda juga sering menunda pekerjaan?

kebiasaan menunda pekerjaan

Menunda Pekerjaan – Ist

Menunda pekerjaan itu sama saja dengan membuang-buang waktu. Akibatnya, Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jika sudah dikejar deadline, Anda pun harus bekerja lembur di kantor.

Kebiasaan menunda pekerjaan itu memang sulit untuk dihentikan. Namun, itu bukan berarti Anda tidak bisa merubahnya. Selama masih ada kemauan serta kesadaran dalam diri Anda sendiri, maka kebiasaan itu bisa saja diubah.

Berikut cara hentikan kebiasaan menunda pekerjaan:

1. Buat daftar

Anda bisa memulai dengan membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan. Dengan adanya daftar pekerjaan ini Anda jadi akan lebih fokus dengan pekerjaan. Sebelum semua pekerjaan di daftar tersebut dikerjakan, Anda tidak boleh bersantai-santai apalagi main game.

2. Batas waktu

Tentukan batas waktu Anda sendiri. Targetkan waktu berapa lama kiranya Anda harus menyelesaikan pekerjaan yang ada di daftar tadi. Dengan berpacu bersama waktu, maka Anda akan sadar bahwa tidak ada waktu untuk bermain-main.

3. Jangan meremehkan

Kebanyakan orang menunda pekerjaan karena meremehkan pekerjaan. Menurut mereka pekerjaan itu bisa diselesaikan dengan mudah. Jangan pernah bersikap seperti itu, semudah apa pun tugas yang Anda terima, sebaiknya segera kerjakan. Anda boleh bersantai jika pekerjaan itu sudah selesai.

4. Sikap disiplin

Kebiasaan menunda pekerjaan itu dikarenakan Anda tidak punya sifat disiplin. Karena orang yang disiplin itu tidak pernah bermain-main di jam kerja. Jika Anda masih menunda-nunda pekerjaan, itu artinya Anda tidak punya sikap disiplin.

bosan kerja

Bosan kerja – Ist

5. Harus fokus

Pikiran yang tidak fokus akan membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi pada pekerjaan. Akibatnya, Anda akan merasa malas bekerja dan kemudian lebih memilih main game daripada menyelesaikan pekerjaan. Agar hal itu tidak terjadi, maka Anda harus fokus pada pekerjaan.

6. Lingkungan mendukung

Saat handphone berbunyi, Anda pun akan berhenti bekerja dan malah asik mengobrol dengan pacar. Akibatnya, pekerjaan Anda akan tertunda dan menumpuk. Karenanya, faktor lingkungan Anda bekerja pun harus nyaman dan tenang, agar tidak ada yang mengganggu.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan. Semoga sukses.

(YG)

Comment di sini