Cara Mengecek Daftar Pemilih Pemilu 2014

by
March 26th, 2014 at 2:27 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pesta demokrasi lima tahunan, pemilihan umum (Pemilu) akan kembali dilangsungkan pada 9 April 2014. Seluruh rakyat Indonesia yang telah memenuhi syarat akan menggunakan hak pilihnya. Apakah Anda sudah terdaftar sebagai pemilih?

ilustrasi dpt pemilu 2014

Daftar Pemilih Tetap (DPT) – Ist

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyediakan layanan online untuk mengecek daftar pemilih. Jadi, Anda tidak perlu lagi datang ke kelurahan atau ke tempat pemberitahuan untuk sekadar mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Baca juga: Jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Agar bisa menggunakan hak suara, tentunya Anda harus terdaftar dahulu dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang telah dikeluarkan oleh KPU. Jika belum terdaftar, Anda bisa langsung mengurusnya sebelum hari pemilihan.

Berikut cara mengecek daftar pemilih tetap (DPT) secara online:

1. Kunjungi situs resmi KPU

Anda bisa langsung membuka situs resmi KPU, yakni kpu.go.id. Setelah itu, silakan pilih banner “Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014” yang ada di sebelah kiri laman. Menu ini akan langsung membawa pengunjung situs ke kanal DPT.

2. Cara pencarian

Untuk mengecek apakah nama Anda sudah terdaftar atau belum, Anda bisa menggunakan kolom “Pencarian Nasional” yang berada di sebelah kiri laman, masukkan dulu “NIK” yang sesuai dengan KTP Anda, setelah itu klik cari.

3. Cara pencarian kedua

pemilihan umum

Pemilu 2014 – Ist

Anda juga bisa melakukan pecarian dengan mengklik kolom provinsi sesuai KTP, kemudian pilih kabupaten, kemudian pilih kecamatan, dan terakhir pilih kelurahan. Setelah itu, Anda bisa langsung memasukkan “NIK” atau nama lengkap Anda kemudian klik cari.

Jika nama Anda tidak muncul, itu artinya Anda belum terdaftar dalam DPT tersebut. Untuk mengurusnya, Anda bisa langsung melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan sesuai KTP Anda.

Nantinya Anda akan dimasukkan ke Daftar Pemilik Khusus (DPK). Mengapa DPK? Sebab, KPU sudah menutup pendaftaran DPT sejak Desember 2013 lalu. Meskipun demikian, hak pemilih yang tercatat di DPK tetap sama seperti DPT.

Bagaimana, apakah Anda sudah terdaftar?

(YG)

Comment di sini