Ciri-ciri Awal Penyakit Kanker Prostat

by
March 26th, 2014 at 1:24 pm

CiriCara.com – Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang para pria. Namun, kurangnya pengetahuan mengenai gejala dari penyakit ini sering membuat pria tidak sadar. Akibatnya, kanker menyebar dan makin sulit untuk diterapi.

kanker prostat

Ilustrasi kanker prostat – Ist

Seperti dilansir Wikipedia, kanker prostat ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, yakni usia, ras, riwayat keluarga (faktor keturunan), hormon, dan pola makan. Jadi sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang.

Untuk mengantisipasi agar penyakit kanker prostat itu bisa dideteksi secara dini, tentunya Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Selain langkah medis, Anda juga bisa mendeteksi penyakit kanker prostat ini dengan mengetahui ciri-ciri atau gejala awalnya.

Berikut ciri-ciri awal kanker prostat:

1. Sulit berkemih

Orang penderita kanker prostat biasanya akan mengalami sulit berkemih atau buang air kecil (kencing). Berhenti saat sedang berkemih, bolak-balik ke toilet untuk berkemih karena keluarnya sedikit-sedikit, atau masih ingin berkemih tapi tidak keluar.

2. Nyeri saat berkemih

Rasa nyeri saat berkemih bisa menjadi tanda adanya kanker prostat. Namun dalam beberapa kasus, rasa nyeri itu juga bisa terjadi akibat infeksi prostat (prostatitis) dan bukan kanker. Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan medis.

3. Keluar darah

Keluar darah saat berkemih atau di sperma bisa menjadi tanda adanya kanker prostat. Meskipun darah itu sedikit, samar-samar, atau pun hanya berwarna merah muda, Anda tetap tidak boleh mengabaikannya. Namun, keluar darah ini juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

4. Gangguan ereksi

Susah ereksi juga bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker prostat. Penyakit ini mengakibatkan aliran darah ke penis jadi terhambat sehingga susah untuk ereksi. Namun, gejala ini juga bisa disebabkan oleh pembesaran prostat.

Comment di sini