Cara Membuat Tulang Lebih Kuat

by
March 27th, 2014 at 4:47 pm

CiriCara.com – Menjaga agar tulang tetap kuat itu sangat penting. Tujuannya agar kita bisa terhindar dari risiko pengeroposan tulang, osteoporosis, dan patah tulang di saat tua nanti. Mau tahu cara membuat tulang agar lebih kuat?

kuat yang kuat

Tulang kuat – Ist

Penguatan tulang pada umumnya terjadi saat usia remaja, namun kemudian menurun ketika seseorang mencapai usia 25 tahun. Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun demikian, Anda masih bisa melakukan sejumlah upaya untuk membuat tulang lebih kuat.

Menurut American Journal of Health Promotion, melompat 10 kali sebanyak dua kali sehari ternyata mampu meningkatkan kepadatan tulang hingga 0,5 persen. Sementara orang yang tidak melakukannya malah mengalami penurunan kepadatan tulang hingga 1,3 persen.

Selain melompat, Anda juga bisa membuat tulang lebih kuat dengan cara berikut ini:

1. Makanan berkalsium

Untuk membuat tulang lebih kuat, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya kalsium. Beberapa di antaranya adalah, yogurt, keju, susu rendah lemak, susu kedelai, kacang almond, tahun, dan makanan laut, seperti salmon, sarden, dll.

2. Olahraga atau mendaki

Agar tulang lebih kuat, Anda bisa melakukan sejumlah olahraga seperti jogging, jalan cepat, atau aerobik selama 30 menit sehari. Untuk hasil yang lebih, Anda bisa melakukan aktivitas mendaki seperti mendaki bukit kecil atau gunung jika memungkinkan.

3. Latihan angkat beban

Angkat beban terbukti ampuh untuk membantu meningkatkan massa otot, menguatkannya, dan mendukung kekuatan tulang. Anda bisa melakukan latihan angkat beban sebanyak dua sampai tiga kali semigu. Cara ini bisa diterapkan untuk wanita maupun pria.

4. Konsumsi vitamin D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium pada tulang. Untuk itu, memenuhi asupan vitamin D pada tubuh itu juga sangat penting. Anda bisa mendapatkan vitamin D secara alami melalui sinar matahari pagi, ikan, jamur, atau lewat suplemen.

penyakit tulang

Osteoporosis – Ist

5. Menjejakkan kaki

Menjejak-jejakkan kaki ke tanah seperti anak kecil yang sedang marah ternyata bisa membantu tulang jadi lebih kuat. Selain menjejak-jejakkan kaki, Anda juga bisa melakukan lompat tali atau lompat biasa. Cara ini berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang terutama di bagian pinggul.

6. Lakukan peregangan

Melakukan peregangan ternyata berguna untuk meningkatkan kekuatan tulang. Peregangan juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit di punggung dan menjaga postur tubuh tetap baik. Disarankan, lakukan peregangan sekali atau dua kali sehari selama 20-30 menit.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang. Dengan cara-cara di atas, tulang Anda akan tetap kuat saat ini hingga masa depan.

(YG)

Comment di sini