Cara Mencegah Penculikan Bayi di Rumah Sakit

by
March 27th, 2014 at 2:53 pm

CiriCara.com – Bagi Anda para orangtua diharapkan untuk lebih waspada lagi dalam mengawasi sang buah hati. Karena bayi yang baru lahir di rumah sakit saja masih bisa diculik oleh orang yang tidak dikenal. Anda harus lebih waspada!

penculikan bayi di rumah sakit

Ilustrasi penculikan bayi – Ist

Pasangan suami istri, Toni Manurung (26) dan Lasmania Boru Manulang (24) harus berpisah dari bayi kedua mereka yang baru dilahirkan di persalinan RS Hasan Sadikin, Bandung. Bayi itu diketahui hilang pada Selasa (25/3/2014), sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Awas! Perawat Palsu Culik Bayi di RS.

Menurut Toni, bayinya itu telah diculik oleh seorang perempuan yang menyamar sebagai dokter. Perempuan berkerudung itu memang sudah mengawasi Lasmania, istri Toni, sebelum dia melahirkan. Hingga saat ini pelaku penculikan masih belum diketahui.

Agar kejadian penculikan itu tidak terjadi pada keluarga Anda, berikut ada cara mencegah penculikan bayi di rumah sakit:

1. Dampingi ibu yang akan melahirkan. Ajak kerabat atau suami, untuk mengawal dan menemani ibu melahirkan. Adanya kerabat akan membuat si penculik kesulitan untuk membawa bayi Anda.

2. Usai lahir, kenali perawat yang akan mengurus keperluan bayi Anda dan tingkatkan kewaspadaan. Bila perlu minta kartu identitas perawat ataupun petugas tersebut. Usahakan agar sang buah hati tidak jauh dari Anda.

3. Jangan mudah percaya jika ada perawat yang mengatakan akan membawa bayi untuk alasan imunisasi, memandikan, memberikan minum, dll. Jika perlu, Anda bisa ikut ke ruangan imunisasi untuk memastikan.

4. Minta anggota keluarga lainnya juga ikut mengawasi. Sehingga saat Anda lengah, masih ada kerabat yang bisa membantu. Minta juga perawat untuk tidak menitipkan bayi ke orang lain, kecuali Anda dan istri/suami. Hal ini menghindari adanya sindikat penculik yang mengaku jadi kerabat dekat Anda.

5. Pilih rumah sakit yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Dengan keamanan yang ketat, pelaku penculikan bayi tidak akan bisa keluar masuk rumah sakit dengan mudah. Jadi pilih rumah sakit yang aman dan sudah terpercaya.

Jika ternyata anak Anda diculik, usahakan untuk tidak panik. Segera hubungi pihak rumah sakit, jika tidak direspon, Anda bisa langsung menghubungi pihak kepolisian untuk segera melakukan penyelidikan.

(YG)

Comment di sini