Ciri-ciri Pengeluaran Anda Sudah Berlebihan

by
March 27th, 2014 at 11:24 am

CiriCara.com – Aktivitas belanja memang bisa membuat orang lupa dan tidak sadar telah menghabiskan banyak uang. Dan ketika sudah mencapai batas pengeluaran, kita pun tak segan untuk meminjam uang ke orang lain.

pengeluaran berlebihan

Pengeluaran yang berlebihan – Ist

Saat pergi ke pusat perbelanjaan, kita sering kali tergoda dengan barang-barang yang dijual di sana. Akibatnya, niat yang tadinya hanya membeli satu barang, malah membeli dua atau bahkan memborong semua barang di sana.

Karenanya, sangat penting untuk Anda belajar cara mengendalikan nafsu belanja. Dengan demikian pengeluaran Anda akan lebih stabil dan tetap aman. Mungkin Anda bertanya-tanya apakah aktivitas belanja yang selama ini Anda lakukan sudah masuk kategori berlebihan?

Berikut ciri-ciri pengeluaran Anda sudah berlebihan:

1. Barang tidak terpakai

Apakah di rumah Anda banyak barang yang tidak terpakai? Jika iya, itu tanda kalau Anda sudah berlebihan. Lain kali Anda harus lebih cermat saat berbelanja, pilih barang yang benar-benar dibutuhkan dan pikir beberapa kali sebelum membeli.

2. Tidak bisa menabung

Apakah Anda punya uang untuk ditabung setiap bulannya? Jika tidak, itu artinya pengeluaran Anda sudah berlebihan. Meskipun bukan keharusan, menabung adalah salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan. Jadi, hematlah saat berbelanja.

3. Banyak utang

Apakah Anda punya utang atau tagihan yang harus dibayar setiap bulannya? Jika iya, itu tanda kalau pengeluaran Anda sudah berlebihan. Pengeluaran yang baik adalah yang tidak melebihi pendapatan Anda. Jadi, berpikirlah sebelum Anda membeli barang.

CiriCara: Cara Untuk Stop Memakai Kartu Kredit4. Kartu kredit

Jika Anda menggunakan kartu kredit hingga batas maksimumnya, itu tanda pengeluaran Anda sudah berlebihan. Secara tidak langsung, Anda sudah meminjam uang ke pihak bank. Dan pada akhirnya Anda harus membayar tagihan dengan disertai sejumlah bunga.

5. Gaya hidup mewah

Bandingkan gaya hidup Anda dengan gaya hidup orang yang mempunyai penghasilan sama dengan Anda. Jika ternyata gaya hidup Anda itu lebih mewah, itu tanda kalau Anda sudah berlebihan. Memaksakan untuk gaya hidup mewah hanya akan membuat Anda terlilit utang.

Agar tidak berlebihan, cobalah untuk memikirkan segala sesuatunya dengan bijak. Jangan asal membeli barang karena suka, tapi beli lah suatu barang berdasarkan kebutuhan.

(YG)

Comment di sini