Teknologi Canggih dalam Pencarian Pesawat MH370

by
March 27th, 2014 at 9:27 am

CiriCara.com – Misteri hilangnya pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 memang masih menjadi tanda tanya. Melalui usaha pencarian yang melelahkan selama 17 hari, terhitung sejak Sabtu, 8 Maret 2014 lalu, pencarian pun mulai menemui titik terang.

MH370 dispekulasikan mendarat di lepas pantai wilayah Australia Barat. Hal itu diungkapkan dengan temuan puing-puing pesawat yang diduga milik pesawat berpenumpang 239 orang tersebut. Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak pun mengumumkan hasil pencarian terkini itu seraya mengungkapkan jika semua penumpang tewas.

Selain kesedihan para keluarga korban yang ditinggalkan selama berhari-hari, pencarian pesawat MH370 menyuguhkan suatu cerita menarik. Sebanyak 26 negara turut membantu pencarian dan bekerjasama. Area pencarian juga mencakup wilayah yang cukup luas, mulai dari Laut China Selatan, Samudera Hindia hingga daratan Asia. Tak hanya itu, setiap negara juga mengirimkan teknologi-teknologi terbaiknya untuk melacak MH370.

Apa saja teknologi canggih yang dikerahkan untuk mencari pesawat MH370 selama 17 hari tersebut? Berikut daftarnya.

1. Pesawat

P-8 Poseidon / Ist.

P-8 Poseidon / Ist.

Sejumlah pesawat berteknologi canggih dikerahkan untuk melakukan pencarian Malaysia Airlines MH370. Australia melalui Angkatan Udarannya (RAAF) mengerahkan empat pesawat canggih bertipe P-3 Orion. Sementara Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) mengandalkan P-8 Poseidon miliknya.

Kedua pesawat tersebut biasanya digunakan untuk memburu pergerakan kapal selam di bawah laut. Pesawat P-3 Orion misalnya, mempunyai teknologi sensor sensitif dengan radar digital, detektor suara dan detektor optik elektro. Sementara P-8 Poseidon mempunyai kamera dengan kombinasi kemampuan untuk mencari pesawat dalam 3.600 mil²/jam.

Selain itu, masih ada pesawat China Ilyushin IL-76 dan Y-8 yang pada hari pertama misinya langsung memberikan laporan penemuan obyek yang diduga puing MH370 di Samudera Hindia.

Comment di sini