Cara Masak Sayur Agar Nutrisinya Tidak Hilang

by
March 28th, 2014 at 2:21 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sayuran merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan. Karenanya kita disarankan untuk menkonsumsi banyak sayuran agar tubuh tetap sehat. Sebelum dikonsumsi biasanya sayuran tersebut akan dimasak terlebih dahulu.

contoh sayur

Sayur – Ist

Namun perlu Anda tahu, cara masak yang salah ternyata bisa membuat nutrisi yang terkandung dalam sayuran akan hilang. Akibatnya, tubuh tidak akan mendapat nutrisi apa pun dari sayuran yang Anda masak itu. Harus bagaimana?

Agar nutrisi dalam sayuran itu tidak hilang, tentu Anda harus tahu cara memasak yang benar. Pasalnya, nutrisi yang terkandung pada sayuran itu bisa hilang karena terlalu lama terkena panas saat dimasak.

Berikut ada cara memasak sayur agar nutrisinya tidak hilang:

1. Wortel dan brokoli

Wortel dan brokoli tidak disarankan untuk dimakan mentah karena akan sulit dicerna tubuh. Anda bisa menumis atau mengukusnya terlebih dulu sebelum dimakan. Potong-potong wortel dan brokoli, lalu masak beberapa menit saja. Proses ini akan meningkatkan kandungan carotenoid pada wortel dan brokoli yang berguna untuk mencegah kanker.

2. Sayur berdaun hijau

Agar nutrisinya tidak hilang, Anda bisa memasak sayuran berdaun hijau dengan cara hanya tambahkan sedikit minyak saat menumis dan jangan terlalu lama memanaskannya. Lemak sehat dari minyak bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi yang diproduksi saat sayuran hijau dipanaskan.

3. Bawang putih

Jangan langsung memasak bawang putih yang baru dipotong-potong atau dicincang. Diamkan dulu bawang putih itu selama 15 menit. Berdasarkan hasil penelitian, membiarkan bawang putih terkena udara selama beberapa menit ternyata bisa memicu reaksi enzim yang memproduksi senyawa pencegah kanker.

brokoli segar

Brokoli – Ist

4. Teknik memotong

Agar nutrisinya tidak mudah hilang, Anda sebaiknya memotong sayuran dalam potongan yang besar. Sayur yang dipotong besar-besar ini akan membuat kandungan nutrisinya tidak cepat hilang saat terkena panas maupun air mendidih.

5. Kentang

Saat akan mengukus atau merebus kentang, sebaiknya masukkan juga bersama dengan kulitnya (jangan dikupas). Karena kulit kentang ini berguna untuk mempertahankan kadar vitamin C saat kentang dimasak. Cara ini juga bisa membuat kentang jadi cepat matang.

Cobalah untuk tidak membiasakan diri memasak sayur terlalu lama, cukup beberapa menit saja. Memasak sayur dalam waktu yang lama memang bisa berguna untuk membuat tekstur masakan jadi lebih lembut, namun hal ini justru membuat nutrisi pada sayuran hilang.

(YG)

Comment di sini