Presiden SBY Dilaporkan ke Bawaslu

by
March 28th, 2014 at 4:44 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti melaporkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Laporan tersebut terkait dugaan SBY kampanye dengan uang negara.

foto sby

Presiden SBY – Ist

Seperti dibertakan, Presiden SBY yang juga merupakan Ketua Umum DPP Partai Demokrat diketahui melakukan kampanye di Lampung, pada Rabu (26/3/2014). Dalam kampanye itu, muncul dugaan kalau SBY menggunakan pesawat yang disewa dengan uang negara.

Banyak berita yang menyebut SBY kampanye dengan fasilitas negara, namun Ray meralatnya. Menurut Ray, hal yang perlu diusut adalah penggunaan uang negara untuk menyewa pesawat tersebut.

“Kita tidak sebut ini penggunaan fasilitas negara. Kalau disebut fasilitas negara, nanti menimbulkan multitafsir karena Presiden bukan pergi dengan pesawat kenegaraan,” kata Ray di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/3/2014).

Ray menambahkan, dugaan penggunaan uang negara oleh SBY untuk kampanye itu memang harus diselidiki. Pasalnya, pada saat itu, SBY pergi ke Lampung memang hanya untuk kampanye Partai Demokrat, tidak ada tugas negara.

Lebih lanjut, Ray pun menjelaskan, seharusnya kampanye partai itu dibiayai oleh uang kas partai tersebut. Bukan malah menggunakan uang negara untuk memfasilitasi kampanye dari partai tersebut.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Nelson Simanjuntak mengatakan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. Untuk memastikan apakah dugaan tersebut benar atau tidak, Bawaslu akan meminta konfirmasi dari Sekretaris Negara (Sekneg).

Mulai hari ini hingga lima hari ke depan, Bawaslu akan mendalami laporan tersebut. Selain meminta klarifikasi dari Sekneg, Bawaslu juga akan meminta klarifikasi dari petugas yang mengatur perjalanan Presiden, guna memastikan apakah uang tersebut milik negara atau uang milik partai.

(YG)

Comment di sini