Satelit Jepang Rekam 10 Obyek Diduga MH370

by
March 28th, 2014 at 3:20 pm

Tokyo (CiriCara.com) – Satelit Jepang berhasil menangkap 10 obyek mengambang yang diduga berasal dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang di Samudera Hindia di sebelah barat Australia. Hal ini pun sudah disampaikan oleh Pemerintah Jepang.

foto satelit mh370

Foto satelit AMSA mendeteksi dua benda yang diduga puing MH370 – Ist

Lokasi obyek tersebut berada di perairan terpencil sekitar 2.500 kilometer dari barat daya Perth, kata Cabinet Satellite Intelligence Center. Obyek terekam satelit “pengumpulan informasi” milik Jepang pada Rabu antara pukul 00.00 GMT sampai 06.00 GMT (atau Kamis pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB).

“Ini merupakan daerah yang dekat dengan tempat di mana obyek-obyek sebelumnya ditemukan oleh sejumlah satelit lainnya,” kata Shinichiro Maki di kantor pemerintah, seperti dikutip dari AFP, Jumat (28/3/2014).

Maki mengakui bahwa pihaknya belum bisa memastikan apakah obyek tersebut merupakan pesawat MH370 atau bukan. Namun, jika melihat lokasinya yang berdekatan dengan penemuan lainnya, obyek tersebut itu mungkin saja puing MH370.

“Obyek-obyek itu sangat mungkin merupakan serpihan pesawat Malaysia Airlines MH370 itu,” kata Maki.

Menurut maki, obyek terbesar yang ditemukan satelit Jepang, berbentuk persegi panjang berukuran hingga delapan meter kali empat meter. Pemerintah Jepang sendiri sudah menyampaikan temuan tersebut ke Pemerintah Malaysia.

Jepang sudah memberikan informasi lokasi temuan obyek yang diduga Malaysia Airlines MH370 itu ke Pemerintah Malaysia. Namun, Jepang masih merahasiakan gambar temuan satelit mereka itu karena alasan keamanan.

Menurut Maki, satelit yang berhasil menangkap 10 obyek tersebut merupakan satelit yang diperuntukan untuk tujuan keamanan. Sehingga Pemerintah Jepang tidak bisa mempublikasikan gambar satelit tersebut baik ke Malaysia maupun media.

“Satelit tersebut milik Pemerintah Jepang untuk tujuan keamanan dan gambar-gambar itu sendiri sangat rahasia,” kata Maki.

Hingga saat ini, pencarian bangkai pesawat MH370 di Samudera Hindia masih belum membuahkan hasil. Namun, saat ini pencarian sudah difokuskan di sekitar lokasi yang diduga jadi tempat terakhir pesawat MH370 itu.

(YG)

Comment di sini