Cara Alami Sembuhkan Anemia pada Ibu hamil

by
April 1st, 2014 at 11:08 am

CiriCara.com – Pada masa kehamilan para ibu memang sering menemui sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah anemia. Masalah anemia atau kurang darah ini tentu akan berdampak pada kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung.

anemia ibu hamil

Anemia pada ibu hamil – Ist

Anemia itu terjadi karena kadar hemoglobin dalam tubuh terlalu rendah atau di bawah normal. Jika kadar hemoglobin berkurang, maka penyaluran oksigen dan nutrisi di dalam tubuh ibu hamil akan terganggu.

Untuk mengatasi anemia, Anda bisa menkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Namun, bagi Anda yang khawatir dengan efek samping obat pada perkembangan janin, Anda bisa mengatasi anemia dengan cara alami.

Berikut cara alami atasi anemia:

1. Konsumsi kurma

Menkonsumsi 1-2 kurma setiap hari terbukti efektif untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Kurma terbukti ampuh untuk meningkatkan produksi darah di dalam tubuh. Namun, Anda harus bisa memilih kurma yang berkualitas baik agar efeknya lebih terasa.

2. Makan oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan yang rendah kalori dan juga tinggi akan serat. Selain itu, ternyata oatmeal ini juga bisa meningkatkan produksi darah di dalam tubuh. Anda tidak perlu bingung, karena oatmeal ini juga bisa dijadikan berbagai macam makanan.

3. Buah pisang

Pisang diketahui mempunyai kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini sangat berguna untuk kesehatan darah. Menkonsumsi pisang secara rutin juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit anemia secara efektif.

stres saat hamil

Stres saat hamil – Ist

4. Hati dan daging merah

Menkonsumsi hati dan daging merah berguna untuk mencegah anemia saat hamil. Hal ini karena hati mempunyai sumber penting zat besi. Anda bisa menkonsumsinya sesekali jika dirasa anemia Anda kambuh.

5. Brokoli

Salah satu jenis sayur yang mempunyai nutrisi baik untuk ibu hamil adalah brokoli. Selain itu, brokoli juga berguna untuk menghindarkan Anda dari anemia saat hamil. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menkonsumsi brokoli secara rutin demi kesehatan janin.

Itulah beberapa bahan alami yang berguna untuk mengobati anemia saat hamil. Selain untuk mengobati anemia, bahan-bahan alami tersebut juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil secara keseluruhan.

(YG)

Comment di sini