Dalang Si Cepot, Asep Sunandar Sunarya Meninggal Dunia

by
April 1st, 2014 at 1:57 pm

Bandung (CiriCara.com) – Dalang wayang golek yang namanya melegenda lewat tokoh Si Cepot, Asep Sunandar Sunarya meninggal dunia pada hari Senin siang, 31 Maret 2014 pukul 14.20 WIB.

Asep Sunarya meninggal dunia / Ist.

Asep Sunarya meninggal dunia / Wowkeren

Almarhum Asep meninggal dunia di Rumah Sakit Al Ihsan, Baleendah, Bandung. Kepergian dalang yang sudah lama menekuni dunia seni wayang golek ini mengejutkan dunia maya.

Menurut Djadjang Rukmana selaku sekretaris almarhum mengatakan bahwa sebelum meninggal dunia, Asep memang telah menderita sakit jantung dalam waktu yang lama dan harus memakai bantuan oksigen setiap hari untuk bernafas.

Sosok yang menjadi ikon seni Sunda ini meninggalkan duka bagi para penggemar seni khususnya wayang golek. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Asep adalah maestro wayang yang konsisten terhadap bidang yang digelutinya. Lewat karya yang digarapnya, Asep terkenal hingga ke luar negeri. Berbagai penghargaan pun ia boyong karena dedikasinya itu.

Nama Asep mulai terkenal saat ia membawakan wayang golek dalam versi yang lebih ringan dan tidak kaku. Melalui tokoh si Cepot yang mulai diperkenalkan sejak 1980-an, ia sukses menjadi dalang terkenal pada masa itu.

Almarhum telah dimakamkan pada pagi hari ini pukul 09.00 WIB, Selasa, 1 April 2014 di Kampung Seni Giri Harja, Kelurahan Manggahang, Kabupaten Bandung. (RN)

Comment di sini