Ini Kelemahan Jokowi Sebagai Capres

by
April 1st, 2014 at 10:20 am

Jakarta (CiriCara.com) – Dari survei yang dilakukan sejumlah lembaga soal calon presiden 2014, nama Jokowi menjadi yang paling populer. Pria pemilik nama asli Joko Widodo ini sudah resmi jadi Capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

jokowi

Joko Widodo (Jokowi) – Ist

Meskipun populer, pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing menilai Jokowi merupakan Capres yang tidak sempurna. Menurutnya, Jokowi masih mempunyai sejumlah kelemahan sebagai Capres.

Emrus mengakui Jokowi memang sukses sebagai pejabat daerah. Setelah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, kata Emrus, ada sejumlah prestasi yang diraih dari Jokowi. Yakni, membenahi pasar dan permukiman, serta melakukan beberapa terobosan birokrasi.

Namun, Emrus menilai bahwa pengalaman Jokowi sebagai pejabat daerah itu masih belum cukup untuk jadi presiden. Menurut Emrus, tugas seorang presiden jauh lebih berat karena mencakup semua wilayah Indonesia.

“Jokowi baru jagoan di daerah. Dibandingkan tugas presiden, (tugas pejabat daerah) itu tidak sulit karena hanya perlu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melayani publik,” ujar Emrus, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (1/4/2014).

Menurut Emrus, Jokowi yang merupakan Gubernur DKI Jakarta dan juga mantan Wali Kota Solo ini belum punya pengalaman untuk jadi presiden. Salah satunya, Jokowi belum punya pengalaman mengelola konflik politik nasional yang sering terjadi. 

Karenanya, Emrus pun menyarankan agar Jokowi mencari sosok pendamping yang berpengalaman. Hal ini bertujuan supaya kekurangan Jokowi tersebut bisa dilengkapi oleh Cawapresnya itu.

Ketidaksempurnaan Jokowi harus ditutup oleh Cawapres yang kompeten,” tegas Emrus.

Emrus juga mengatakan bahwa kandidat Cawapres itu bisa dari semua kalangan, tak harus dari militer atau pun sipil. Yang terpenting, menurut Emrus, Cawapres itu bisa menjadi pelengkap untuk Jokowi.

(YG)

Comment di sini