Kata-kata Terakhir dari Kokpit MH370 yang Sebenarnya

by
April 1st, 2014 at 11:57 am

Kuala Lumpur (CiriCara.com) – Pihak Malaysia meralat kata-kata terakhir dari ruang kokpit Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 8 Maret 2014 lalu. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Transportasi Hishammuddin Hussein.

malaysia airlines

Pesawat Malaysia Airlines – Reuters

Hishammudin menjelaskan bahwa kata-kata terakhir dari kokpit MH370 sebenarnya adalah “Good Night, Malaysian three seven zero” (Selamat Malam, Malaysia 370) bukan “Alright, good night” seperti yang sudah beredar.

“Kami konfirmasikan bahwa percapakan terakhir antara petugas Air Traffic Control (ATC) dengan seseorang di kokpit terjadi pada pukul 01.29 waktu Malaysia. Yakni ‘Selamat Malam, Malaysia 370’,” jelas Hishammudin, seperti dilansir The Star, Senin (31/3/2014).

Meskipun demikian, Hishammudin masih belum bisa memastikan apakah kata-kata terakhir itu diucapkan oleh pilot Zaharie Ahmad Shah (53) atau kopilot Fariq Abdul Hamid (27). Tim investigasi hilangnya MH370 juga masih melakukan penyelidikan melalui transkrip percakapan terakhir antara petugas ATC dengan seseorang di kokpit MH370.

“Pihak berwenang kini tengah menyelidiki apakah kata-kata terakhir itu berasal dari pilot atau kopilot,” jelas Hishammuddin melalui keterangan tertulisnya kepada media.

Mengenai kabar sistem Aircraft Communications and Reporting System (ACARS) pesawat MH370 dimatikan dengan sengaja oleh seseorang, Direktur Utama Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya mengaku tidak mengetahui secara pasti kapan ACARS itu dimatikan.

“Kami tak tahu kapan sistem ACARS dimatikan,” kata Ahmad.

Seperti diketahui, hingga saat ini bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 masih belum ditemukan. Menurut keterangan otoritas Malaysia, pesawat yang berpenumpang 239 orang itu berakhir di Samudera Hindia.

Namun, kesimpulan pesawat MH370 jatuh di Samudera Hindia itu justru kembali memunculkan keanehan. Pasalnya, titik Samudera Hindia berlawanan arah dengan rute pesawat MH370 yang seharusnya terbang pada rute Kuala Lumpur-Beijing.

(YG)

Comment di sini