Serba Serbi Pemilu di Berbagai Belahan Dunia

by
April 1st, 2014 at 9:27 am

CiriCara.com – Indonesia merupakan negara demokrasi yang menganut sistem presidensial dimana kekuasaan eksekutif dan kekuasaan legislatif dipilih secara langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Umum (Pemilu). Pesta demokrasi Indonesia di tahun 2014 ini merupakan pemilihan presiden langsung ketiga di Indonesia yang rutin diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, dan akan diikuti oleh 10 partai sebagai peserta Pemilu 2014.

Budaya pemilu di Indonesia rutin diadakan setiap 5 tahun sekali dan diikuti oleh banyak partai. Pemilu di Indonesia dibagi menjadi beberapa tahap dengan ketentuan minimal 2 tahap dan maksimal 3 tahap.

Dimana tahap pertama untuk memilih calon legislatif dan tahap kedua untuk memilih calon presiden dengan komposisi suara yang harus melebihi 50% konstituen atau pemilih. Namun jika pada tahap kedua di putaran pertama tak mendapatkan suara melebihi 50%, maka putaran kedua akan berlanjut dengan pemilihan 2 kandidat calon presiden dan calon wakil presiden di 2 ranking tertinggi.

Pesta demokrasi seperti ini juga terjadi di berbagai belahan dunia lain dimana presiden bertindak sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala negara.  Beberapa contoh negara yang menganut sistem presidensial adalah Amerika Serikat,  Filipina, Argentina, Venezuela, Jerman, dll. Negara-negara tersebut juga memilih kekuasaan legislatif dan kekuasaan eksekutif secara langsung.

1. Amerika Serikat

Pemilu di Amerika Serikat / Ist.

Pemilu di Amerika Serikat / Ist.

Pemilu Amerika Serikat diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Dan uniknya untuk pemilihan presiden sendiri diselenggarakan setiap 2 pemilu atau setiap 4 tahun sekali. Amerika Serikat memiliki 2 partai besar yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik yang memberikan sumbangsih kursi paling banyak di kursi senat dan Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat sejak tahun 1852.

Dampak pemilu di Amerika Serikat berpengaruh tak hanya di wilayah domestik Amerika saja tapi juga memberikan pengaruh politik yang kuat secara global mengingat Amerika merupakan salah satu negara adidaya.

Comment di sini