Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal

by
April 2nd, 2014 at 8:57 am

CiriCara.com – Pada umumnya batu ginjal lebih dominan diderita oleh kaum pria berusia antara 30 sampai 50 tahun dibanding wanita. Banyak hal yang menyebabkan timbulnya batu ginjal seperti faktor keturunan, pola makan yang tidak teratur, sering menahan buang air, banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia, kurang minum air putih, serta lingkungan suhu udara sekitar yang tidak mendukung.

Penyakit ini akan sangat berbahaya jika kita tidak memperhatikannya secara dini. Berikut langkah-langkah yang dapat dicoba untuk mencegah penyakit batu ginjal.

1. Kurangi beberapa jenis makanan

Makanan Bersodium / Snap Fitness

Makanan Bersodium / Snap Fitness

Yang perlu Anda perhatikan adalah mengurangi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan tertentu. Pertama adalah kurangi makanan kaya oksalat seperti bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, teh, coklat, dan kedelai.

Kemudian, buatlah diet rendah garam dan protein hewani yang berarti Anda harus mengurangi makanan bersodium dan daging-dagingan. Asupan sodium maksimal yang boleh dikonsumsi adalah 1.500 miligram per hari.

Mengonsumsi minuman seperti grapefruit juice dan minuman bersoda juga harus dibatasi karena kedua jenis minuman tersebut meningkatkan risiko batu ginjal.

Comment di sini