Gempa 8,2 SR dan Tsunami Terjang Chili

by
April 2nd, 2014 at 12:02 pm

Santiago (CiriCara.com) – Gempa bumi dan tsunami kembali menerjang negara di Amerika Latin tepatnya di Chili. Gempa terjadi pagi hari tadi waktu Indonesia dengan kekuatan 8,3 Skala Richter (SR). Gempa besar ini ternyata juga menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa bumi / Ist.

Gempa bumi / Ist.

Diberitakan oleh Detik.com, gempat dengan tinggi sekitar 6 kaki atau 1,8 meter telah menerjang kawasan pantai Pisagua, Chili. Tidak hanya di Pisaguan, tsunami juga menerjang daerah Iquique. Meski telah terjadi tsunami namun sejauh inii belum ada laporan mengenai korban yang berjatuhan akibat tsunami tersebut.

Gempa juga memicu terjadinya tanah longsor di negara itu. Mahmud Aley, Wakil Menteri Dalam Negeri Chili menyatakan bahwa sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat tanah longsor.

Jarak yang berdekatan membuat negara-negara lain juga waspada terhadap adanya gelombang tsunami. Terhitung 11 negara seperti Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Costa Rica, El Salvador, Nicaragua, Guatemala, Meksiko, dan Honduras mengeluarkan peringatan tsunami kepada warganya.

Chili merupakan salah satu negara di kawasan selatan benua Amerika yang sering mengalami gempa. Pada tahun 2010 lalu,  sebuah gempa berkekuatan 8,8 memicu tsunami. Akibatanya ratusan orang meninggal dunia dan ratusan bangunan mengalami kerusakan yang sangat parah. (RN)

Comment di sini