Kampanye Partai Demokrat, Ada Aksi Bagi-bagi Uang

by
April 2nd, 2014 at 3:15 pm

Palembang (CiriCara.com) – Praktik politik uang ternyata masih sulit untuk dihilangkan dari dunia politik di Indonesia. Terbukti, masih ada oknum yang bagi-bagi uang ke sejumlah simpatisan saat kampanye Partai Demokrat di Palembang, Sumatera Selatan.

bagi bagi uang kampanye

Perempuan berjas Demokrat yang diduga membagi-bagikan uang saat kampanye di Palembang – Tribunnews.com

Peristiwa bagi-bagi uang itu terjadi saat Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun sebagai juru kampanye nasional di hadapan 40 ribuan orang yang memadati pelataran objek wisata Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Selasa (1/4/2014).

SBY beserta rombongan masuk ke panggung kampanye Demokrat sekitar pukul 15.00 WIB. SBY pun langsung menyapa simpatisan yang hadir dalam kampanyenya itu. “Apa kabar palembang? Apa kabar Sumatera Selatan?” sapa SBY dalam orasinya.

Seperti diberitakan Tribunnews.com, saat SBY berorasi, ternyata ada aksi bagi-bagi uang yang terekam kamera wartawan. Terlihat seorang perempuan berjas biru khas Demokrat dan berjilbab hitam tengah memegang segepok uang kertas nominal Rp 100 ribu.

Perempuan tersebut membagikan uang ke sejumlah simpatisan Demokrat saat SBY tengah berorasi di panggung. Selain itu, terlihat juga seorang laki-laki berjaket biru Partai Demokrat membagi-bagikan uang sambil berjoget di kerumunan massa di dekat panggung kampanye.

Baca juga: Caleg Demokrat Ajak Warga Teriak “Jokowi Jelek”.

Meskipun kedua oknum tersebut mengenakan jas khas dari Partai Demokrat, hal itu tetap dibantah oleh Juru Bicara DPP Partai Demokrat Ruhut Sitompul. Menurut Ruhut, tidak ada simpatisan Partai Demokrat yang membagikan uang saat kampanye.

Ruhut menduga oknum yang tertangkap kamera itu adalah penyusup yang ingin membuat kacau kampanye Demokrat.

Meskipun demikian, hingga saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) belum memberikan konfirmasi terkait temuan aksi bagi-bagi uang tersebut. Namun, sejumlah pihak mendesak agar pihak Bawaslu segera memberi tindakan tegas terhadap semua pelanggaran kampanye.

(YG)

Comment di sini