Gempa 8,2 SR di Chile Hanya 6 yang Tewas, Kenapa?

by
April 3rd, 2014 at 2:29 pm

Santiago (CiriCara.com) – Gempa berkekuatan 8,2 skala Richter (SR) mengguncang Chile pada Selasa (1/3/2014) malam waktu setempat. Gempa tersebut pun mengakibatkan bencana tsunami, meski tidak sedahsyat tsunami yang melanda Aceh, Indonesia.

gempa bumi di chile

Gempa bumi di Chile – Ist

Namun, meskipun diguncang gempa cukup kuat ternyata hanya sedikit warga Chile yang jadi korban. Dilaporkan hanya 6 orang yang tewas, itu pun 4 di antaranya tewas karena longsor yang dipicu gempa, listrik yang mati, dan kena serangan jantung gara-gara mendengar soal tsunami. Sementara dua korban lainnya tewas akibat tertabrak.

Gempa berkekuatan 8,2 SR itu membuat 928 ribu warga diungsikan. Bahkan, ancaman gelombang tsunami akibat gempa tersebut pun sampai ke sejumlah wilayah Indonesia, walaupun tidak begitu besar.

Mengapa korban jiwa di Chile relatif sedikit?

Ahli Geofisika dari USGS John Bellini menjelaskan bahwa Chile bisa bertahan dari bencana gempa karena menerapkan standar bangunan yang ketat. Rumah, gedung, dan infrastruktur lain tidak akan mudah ambrol jika diguncang gempa.

“Karena itulah, kita semua menyaksikan kerusakan yang jauh lebih sedikit dari negara lain yang mengabaikan standar bangunan… itu mungkin salah satu alasan tak jatuh korban banyak meski terjadi gempa dengan kekuatan sebesar itu,” ujar Bellini.

Menurut Bellini, masyarakat Chile juga sudah terbiasa menghadapi bencana. Sehingga mereka lebih siap dan tidak panik saat bencana alam seperti gempa itu terjadi di wilayah mereka. Tak heran korban jiwanya pun sedikit.

“Mereka tahu yang harus dilakukan. Menganggap bencana bagian dari hidup mereka,” ujar Bellini, seperti dikutip dari CNN, Kamis (3/4/2014).

Lebih lanjut, menurut Bellini, standar pembangunan yang ketat juga berperan penting dalam menjamin keselamatan warga yang menghuninya. Apalagi bagi mereka yang tinggal di wilayah atau negara yang rawan akan gempa bumi.

“Aturan dalam membangun memainkan peran penting untuk menentukan sejauh mana kerusakan dan kehancuran akibat gempa, juga jumlah korban,” kata Bellini.

Bisa kah Indonesia menerapkan standar pembangunan seperti di Chile?

(YG)

Comment di sini