Rano Karno Terima Rp 2 Miliar Terkait Suap MK?

by
April 3rd, 2014 at 4:52 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur Banten Rano Karno disebut menerima aliran dana Rp 2 miliar terkait perkara suap di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan terdakwa Tubagus Chaeri Wardana Chasan alias Wawan di PN Tipikor, Jakarta.

wakil gubernur banten rano karno

Rano Karno – Ist

Dalam persidangan, Bendahara Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang bernama Yayah Rodiyah dihadirkan sebagai saksi untuk Wawan. Jaksa pun langsung mencecar Yayah dengan sejumlah pertanyaan, salah satunya terkait bukti transfer ke Rano Karno.

“Bu Yayah, apakah pernah mentransfer Rp 2 miliar kepada bapak Rano Karno?” tanya Jaksa Dzakiyul Fikri mengacu pada bukti berupa dokumen transfer yang disita oleh KPK, seperti dikutip dari Republika.co.id, Kamis (3/4/2014).

“Iya pernah,” jawab Yayah. Dalam dokumen tersebut diketahui bahwa uang Rp 2 miliar itu ditransfer ke Rano Karno pada November 2011.

Baca juga: Akil Mochtar Diduga Terima Suap Hingga Rp 161 Miliar.

Namun ketika ditanya uang yang ditransfer ke Rano Karno untuk apa, Yayah mengaku tidak mengetahuinya. Yayah hanya disuruh mentransferkan uang Rp 2 miliar itu ke politisi artis dari PDI Perjuangan tersebut.

Jaksa pun sempat menanyakan apakah uang tersebut dikirim terkait pengiriman sejumlah uang ke perusahaan milik istri bekas Ketua MK Akil Mochtar, Ratu Rita. Namun lagi-lagi Yayah mengaku tidak tahu.

Dalam sidang kali ini, Yayah dihadirkan sebagai saksi untuk Wawan, adik Ratu Atut. Seperti diketahui Wawan didakwa telah memberikan uang suap Rp 7,5 miliar kepada Akil selaku hakim konstitusi untuk melancarkan sengketa Pilkada Ratu Atut tahun 2011, lalu.

(YG)

Comment di sini