Uruguay Terancam Batal Ikut Piala Dunia

by
April 3rd, 2014 at 4:09 pm

Montevideo (CiriCara.com) – Tim nasional Uruguay diragukan tampil di Piala Dunia 2014 setelah pengurus Federasi Sepakbola Uruguay (AUF) mengundurkan diri secara massal pada awal pekan ini. Hal ini dipicu oleh kerusuhan antara pendukung klub Nacional dan Penarol.

timnas uruguay

Luis Suarez pemain bintang Timnas Uruguay (tengah) – Ist

Kerusuhan tersebut membuat Presiden Uruguay Jose Mujica mengintervensi situasi dengan meminta aparat kepolisian menjauh dari stadion. Mujica mengambil keputusan tersebut setelah sekitar 40 orang petugas kepolisian mengalami luka-luka akibat serangan suporter.

Pendukung klub Nacional dan Penarol memang terkenal fanatik dan sering melakukan aksi anarkis. Karena merasa tidak bisa mengatasi konflik suporter tersebut, lima pejabat AUF pun memutuskan untuk mengundurkan diri.

“Kejadian yang telah terjadi beberapa kali ini menunjukkan perlunya dewan pengurus untuk mundur dan mempersilakan pandangan politik lain (pemerintah) mengatur sepakbola kita,” demikian pernyataan resmi AUF, seperti dikutip dari Goal.com, Kamis (3/4/2014).

Ikut campurnya Presiden Uruguay Jose Mujica pun disebut-sebut sebagai salah satu langkah intervensi pemerintah terhadap sepakbola Uruguay. Padahal, FIFA secara tegas melarang pemerintah untuk melakukan intervensi.

Jika melihat pada peraturan yang berlaku, diduga FIFA akan memberikan sanksi kepada Timnas Uruguay. Sanksi tersebut bisa saja berupa pelarangan Timnas Uruguay untuk tampil di Piala Dunia 2014 yang akan berlangsung di Brasil.

Namun Presiden CONMEBOL, Eugenio Figueredo membantah dugaan tersebut. Menurutnya, Timnas Uruguay akan tetap tampil pada Piala Dunia 2014 mendatang.

“Piala Dunia sudah dekat. Bisakah Anda bayangkan AUF mendapat sanksi karena masalah internal ini? FIFA memang serius soal hal ini, tapi saya tidak berpikir tempat uruguay di Piala Dunia akan terganggu,” kata Figueredo.

Meskipun demikian, hingga saat ini FIFA masih belum memberikan konfirmasi terkait konflik internal di AUF. Benarkah Uruguay akan batal tampil di Piala Dunia 2014?

(YG)

Comment di sini