Cara Alami Obati Luka Bakar Ringan

by
April 4th, 2014 at 1:59 pm

CiriCara.com – Luka bakar ringan bisa dialami oleh siapa saja, termasuk juga Anda. Luka bakar ringan ini bisa terjadi karena terkena knalpot motor atau terkena cipratan minyak panas. Karenanya, Anda harus waspada saat beraktivitas.

luka bakar ringan

Ilustrasi luka bakar ringan – Ist

Meskipun terlihat sepele, luka bakar ringan tidak boleh dibiarkan. Anda harus tahu cara untuk melakukan pertolongan pertama pada penderita luka bakar ringan. Jangan sampai luka bakar tersebut menjadi infeksi dan tidak kunjung sembuh.

Anda bisa melakukan perawatan sendiri untuk luka bakar ringan yang dialami di rumah. Sementara untuk luka bakar berat (korban kebakaran, korban penyiraman air keras), sebaiknya langsung di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Berikut cara alami meredakan luka bakar ringan:

1. Gunakan madu

Oleskan madu pada luka bakar ringan agar rasa sakitnya bisa berkurang. Madu mengandung banyak zat antiseptik yang berkhasiat untuk menyembuhkan. Mengoleskan madu pada luka bakar juga berguna untuk meminimalisir bekas luka setelah sembuh nanti.

2. Lidah buaya

Lidah buaya berguna untuk mempercepat proses pemulihan kulit yang mengalami luka bakar. Selain itu, lidah buaya ini juga akan memberikan efek dingin, sehingga tidak akan terasa sakit lagi. Caranya, potong-potong lidah buaya ambil gel-nya dan oleskan pada kulit yang terluka.

3. Kulit pisang

Kulit pisang ternyata bisa membantu meredakan rasa sakit akibat luka bakar ringan. Anda disarankan untuk menempelkan kulit pisang pada luka bakar hingga warnanya berubah jadi hitam. Jadi kulit pisang ini sangat cocok dijadikan alat pertolongan pertama luka bakar ringan.

minyak zaitun dan madu - moneyaftergraduation.com

minyak zaitun dan madu – moneyaftergraduation.com

4. Minyak lavender dan zaitun

Minyak lavender ternyata berguna untuk meredakan rasa sakit akibat luka bakar ringan. Sementara itu, minyak zaitun juga bisa meredakan rasa sakit sekaligus mempercepat penyembuhan luka bakar ringan. Anda bisa mencampurnya dengan lidah buaya, lalu oleskan pada kulit yang terluka.

5. Gunakan cuka

Cuka juga berguna untuk mengobati luka bakar ringan. Caranya, siapkan kain besih, lalu tuangkan cuka pada kain tersebut. Kemudian, gunakan kain yang sudah diberi cuka tadi untuk mengompres luka bakar. Lakukan cara ini sampai rasa sakitnya hilang.

Jangan menyepelekan luka bakar ringan yang terjadi pada Anda. Karena jika dibiarkan luka tersebut akan susah sembuh dan akhirnya memicu penyakit lain. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini