Jokowi Tidak Jauh Beda dengan SBY

by
April 4th, 2014 at 3:46 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Jika terpilih jadi Presiden dalam Pemilu 2014, kepemimpinan Jokowi dinilai tidak akan berbeda jauh dari kepemimpinan Presiden SBY. Hal ini mengacu pada sikap Jokowi yang sangat patuh terhadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

jokowi dan sby

Jokowi dan SBY – Ist

Seperti diketahui sejak resmi mencalonkan diri sebagai presiden, Jokowi belakangan ini terus sibuk melakukan kampanye bersama PDIP, seakan lupa dengan tugasnya sebagai pejabat di Jakarta. Padahal, Jokowi masih resmi jadi Gubernur DKI Jakarta.

Menurut pemerhati sosial politik dari Universitas Mercu Buana Tamil Selvan, sikap Jokowi tersebut menambah rasa sakit hati masyarakat Jakarta. “Ketika mereka memerlukan Gubernurnya, Jokowi justru sibuk mengampanyekan partainya,” kata Tamil, Jumat (4/4/2014).

Lebih lanjut, Tamil menilai bahwa hal yang sama pun bisa saja terjadi jika Jokowi jadi Presiden. Sama seperti SBY yang menggunakan jam kerjanya sebagai Presiden, namun juga berkampanye untuk partainya.

“Hal ini juga pasti akan dilakukannya (Jokowi) jika terpilih menjadi Presiden,” ujar Tamil.

Baca juga: SBY Bikin Malu Kampanye Pakai Fasilitas Negara.

Tamil pun menyarankan agar Jokowi segera mengundurkan diri dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Dengan demikian, Jokowi bisa fokus untuk mengurusi rencana pencapresannya tanpa harus mengorbankan warga Jakarta.

“Saya rasa akan lebih terhormat jika Jokowi mengundurkan diri dari jabatan Gubernur DKI,” ujar Tamil.

Tamil pun menilai bahwa anggaran APBD DKI selama kepemimpinan Jokowi perlu dilakukan pengecekan. Pasalnya, sudah banyak pejabat yang kampanye untuk partainya tapi malah menggunakan uang negara.

“Saya rasa perlu dilakukan pengecekan juga tentang anggaran APBD DKI, jangan-jangan Jokowi menggunakan anggaran negara untuk kepentingan partainya dalam kampanye di jam kerja,” kataTamil.

(YG)

Comment di sini