Gerindra Ancam Lengserkan Jokowi dari Gubernur DKI

by
April 7th, 2014 at 1:58 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi diminta untuk segera mundur dari jabatannya. Pasalnya, warga Jakarta sudah kecewa karena Jokowi tiba-tiba saja mendeklarasikan diri menjadi calon presiden dari PDIP.

joko widodo

Jokowi – Ist

Menurut Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi, keputusan Jokowi itu sudah membuat warga Jakarta marah. Karenanya, Sanusi pun meminta Jokowi untuk segera mundur dari jabatannya itu.

“Rakyat Jakarta sudah marah karena belum tuntas lima tahun, eh sudah mau jadi presiden,” ujar Sanusi, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (7/4/2014).

Lebih lanjut, Sanusi mengatakan bahwa seharusnya Jokowi bisa bersikap gentleman dengan melepas jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menurut Sanusi, Jokowi juga tidak boleh kembali lagi menjadi gubernur jika pada Pemilu 2014 mendatang dia tidak terpilih.

“Jangan sekarang buat marah rakyat lagi dengan kalah lalu jabatan gubernur tak mau lepas,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Sanusi pun mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan konsolidasi politik untuk melengserkan Jokowi dari jabatannya jika tidak mau mengundurkan diri. Sanusi memberikan waktu sampai pendaftaran calon presiden dibuka KPU.

“Jika sudah daftar belum mundur juga, kita angket,” ujar Sanusi.

Untuk menggulirkan hak angket, minimal Sanusi harus mendapatkan persetujuan dan tandatangan dari 15 anggota dewan dan lebih dari tiga fraksi. Meskipun demikian, menurut Sanusi, ada beberapa partai yang siap mendukung mundurnya Jokowi dari gubernur.

Seperti diketahui, desakan untuk mengundurkan diri itu langsung mencuat seiring dengan pemberitaan soal Jokowi jadi Capres PDIP. Banyak pihak menganggap kinerja Jokowi tidak akan fokus karena pencapresan tersebut.

Terbukti, belakangan ini Jokowi memang sibuk kampanye bersama PDIP ke sejumlah daerah. Meskipun dilakukan pada waktu hari libur, kampanye Jokowi bersama PDIP itu dinilai akan mengganggu kinerja sang gubernur.

Benarkah Jokowi akan mengundurkan diri?

(YG)

Comment di sini