Keppres: 9 April 2014 Hari Libur Nasional

by
April 7th, 2014 at 11:43 am

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menetapkan hari Rabu, 9 April 2014, sebagai hari libur nasional. Keputusan tersebut dibuat melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2014.

gedung kpu

Pemilu 2014 – Ist

Keppres tersebut diambil sesuai dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Penetapan Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Anggota DPR, DPD, dan DPRD. Seperti diketahui pemilihan calon legislatif (Pileg) tersebut dilakukan pada 9 April mendatang.

“Hari Rabu, tanggal 9 April 2014, sebagai hari libur nasional untuk pemungutan suara Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD),” demikian isi poin pertama Keppres yang ditandatangani Presiden SBY pada 3 April 2014 itu.

Baca juga: Jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Dalam situs Sekretariat Kabinet juga dijelaskan bahwa jika ada hari dan tanggal yang ditetapkan KPU untuk pemilihan umum lanjutan dan atau susulan, maka hari tersebut pun akan ditetapkan sebagai hari libur nasional.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi poin kedua dalam Keppres tersebut.

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar sudah memberikan pemberitahuan kepada pengusaha dan juga pekerja (buruh) terkait Pileg 9 April mendatang. Dalam Surat Edaran Nomor Se.2/Men/III/2014, ditetapkan 9 April 2014 sebagai hari libur.

“Dengan penetapan ini diharapkan agar para pekerja/buruh dapat menyalurkan aspirasi politik dalam pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali,” demikian kutipan Surat Edaran Menakertrans yang ditandatangani pada 26 Maret 2014, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (7/4/2014).

Dengan Keppres tersebut, diharapkan angka golput (golongan putih/orang yang tidak mencoblos) pada Pemilu kali ini bisa berkurang. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda sudah mempunyai pilihan untuk Pemilu 2014 nanti?

(YG)

Comment di sini