Sinyal Diduga Black Box MH370 Terdeteksi

by
April 7th, 2014 at 2:54 pm

Perth (CiriCara.com) – Kapal Angkatan Laut Australia berhasil mendeteksi sebuah sinyal yang diduga berasal dari kotak hitam (black box) pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang. Pencarian pun langsung difokuskan di daerah dekat sumber sinyal tersebut.

pesawat mh370

Titik sinyal diduga dari black box MH370 – AMSA

Kepala Tim Gabungan Pencarian MH370 di Australia, Angus Houston mengatakan bahwa sinyal yang ditangkap tersebut konsisten dengan “ping” dari kotak hitam. Sinyal tersebut terdeteksi oleh alat pencari sinyal dari kapal Australia Ocean Shield.

“Dua alat pencari sinyal dari kapal Australia Ocean Shield telah mendeteksi sinyal yang konsisten dengan alat yang terpasang di kotak hitam,” kata Houston dalam siaran langsung CNN, Senin (7/4/2014).

Baca juga: Penumpang MH370 Kirim Pesan Disandera di Diego Garcia.

Menurut Houston, sinyal pertama terlacak selama 2 jam 20 menit. Sementara sinyal kedua terlacak kurang lebih sekitar 13 menit. Sinyal itu terdengar dari kedalaman 4.500 meter di dalam lautan.

“Ini adalah informasi yang paling signifikan selama 24 jam terakhir,” kata Houston.

Sebelumnya, pada Jumat (4/4/2014) lalu, kapal China Haixun 01 juga berhasil mendeteksi sinyal yang diduga kotak hitam di Samudera Hindia, tidak jauh dari lokasi penemuan pihak kapal Australia. Jarak antara kedua titik penemuan tersebut hanya 600 km.

Meskipun demikian, butuh banyak waktu untuk membuktikan apakah sinyal tersebut berasal dari black box mh370 atau bukan. Pasalnya, hingga saat ini lokasi pasti berakhirnya pesawat jenis Boeing 777-200ER tersebut masih belum diketahui.

Hingga saat ini pencarian terhadap pesawat MH370 masih terus dilakukan. Dugaan sementara, pesawat berpenumpang 239 orang itu diduga berakhir di Samudera Hindia. Tidak ada yang tahu kenapa pesawat jurusan Kuala Lumpur-Beijing tersebut bisa terbang hingga ke Samudera Hindia.

Benarkah sinyal tersebut merupakan sinyal dari pesawat MH370?

(YG)

Comment di sini