Waspada Penipuan SMS “Invite PIN BB”

by
April 7th, 2014 at 4:32 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Belakangan ini mulai muncul pesan singkat (SMS) yang berisi permintaan untuk invite PIN BlackBerry Messenger (BBM) yang ternyata digunakan untuk menipu. Anda harus waspada jika mendapat pesan tersebut!

bbm messenger

BBM Android – CrackBerry

Modus penipuan tersebut dilakukan dengan cara mengirimkan SMS permintaan invite PIN BB ke nomor calon korban. Biasanya pelaku berpura-pura menjadi teman korban dengan alasan berpura-pura kontak BB terhapus.

“Tolong invite pin bb aku ya krn bb ku habis rusak, jd contact smua hilang, ini pin bb ku yg baru ****,” demikian kutipan dari isi SMS penipuan tersebut.

Motif dari penipuan tersebut adalah untuk mencuri nama dan foto display akun BBM korbannya. Jika korban sudah meng-invite PIN BB yang ada di SMS tersebut, pelaku akan menyimpan foto yang terpajang di BBM korban.

Selanjutnya, pelaku akan membuat PIN BB baru atas nama korban dengan menggunakan foto yang sudah disimpan tadi. Nantinya, akun baru BBM tersebut akan digunakan pelaku untuk melakukan penipuan ke orang lain.

Salah seorang pengguna smartphone yang bernama Wenny membenarkan maraknya SMS “invite PIN BB” tersebut. Wenny pun mengaku sempat mendapat SMS serupa dari nomor yang tidak dia kenal.

“Waktu saya tanya ini dari siapa, dia juga nggak balas. Padahal saya nggak pakai BB. Sepertinya mereka mengirimnya secara random, jadi saya abaikan saja,” tutur Wenny, seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (7/4/2014).

Modus penipuan SMS “invite PIN BB” itu juga tidak hanya memakai alasan daftar kontak terhapus. Sejumlah pengguna smartphone pun sering mendapat SMS “invite PIN BB” dengan modus wanita cantik atau akun BB cewek bispak.

Karenanya, bagi Anda pengguna smartphone diharapkan untuk waspada. Abaikan saja SMS yang bersumber dari nomor yang tidak Anda kenal. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini