5 Langkah Cerdas Pilih Caleg 2014, Versi KPK

by
April 8th, 2014 at 3:49 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pada hari Rabu, 9 April 2014 besok, masyarakat Indonesia akan menggelar Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014. Masyarakat pun diminta untuk lebih cerdas dalam memilih para calon legislatif yang akan menjadi wakil rakyat yang baru.

kpu

Ayo memilih di Pemilu 2014 – Ist

Diharapkan, dengan adanya Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 ini, anggota legislatif yang terpilih nanti mampu membuat Indonesia jadi lebih baik lagi. Masyarakat pun tentunya sangat berharap agar tidak ada lagi kasus korupsi yang belakangan marak terjadi di kalangan DPR.

Sebagai lembaga pemberantasan korupsi, KPK pun memberikan tips untuk menjadi pemilih cerdas dalam pemilihan legislatif nanti. Masyarakat diminta untuk tidak sembarangan mencoblos nama caleg maupun partainya.

Berikut 5 langkah untuk jadi pemilih cerdas dalam Pileg 2014, seperti yang diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto:

1. Pilih calon yang sudah Anda kenal
Menurut Widjojanto, lebih baik pilih caleg yang sudah Anda kenal daripada hanya pilih partainya saja.

2. Pilih calon yang baik
Menurut Widjojanto lebih baik memilih calon yang sudah diketahui tingkah laku dan jelas rekam jejaknya daripada memilih calon yang tidak jelas asal-usulnya.

3. Pilih calon yang jujur
Widjojanto menyarankan agar masyarakat memilih calon yang jujur. “Karena itu, jangan pilih yang menyuap, menyogok, dan kasih saweran waktu kampanye,” katanya.

4. Pilih calon dengan program yang baik
Masyarakat sebaiknya memilih calon yang menawarkan program-program yang baik dan bermanfaat untuk rakyat. Daripada calon yang banyak janji tapi tidak pernah ada buktinya.

5. Ikut sukseskan Pemilu
Masyarakat diminta untuk ikut serta dalam mengawasi proses pencoblosan dan penghitungan suara. Jangan segan untuk melaporkan semua pelanggaran ke pengawas Pemilu. Dengan demikian, Pemilu 2014 bisa berjalan adil, jujur, dan damai.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk mencoblos?

(YG)

Comment di sini