Cara Mencegah Penyakit Hidrosefalus

by
April 8th, 2014 at 9:05 am

CiriCara.com – Hidrosefalus meski bisa diderita oleh semua umur namun kebanyakan dialami oleh bayi dan anak-anak. Sering disebut “air otak”, hidrosefalus dapat menyebabkan kepala bayi dan anak kecil bengkak karena otak dalam keadaan kelebihan cairan. Anak-anak penderita hidrosefalus yang sudah lebih besar akan merasakan sakit kepala karena peningkatan tekanan pada kepala.

Jadi, hidrosefalus adalah sebuah keadaan dimana terjadinya penimbunan air yang berasal dari tulang tengkorak yang berakibatkan penekanan bagian otak dan dapat berakibat fatal apabila tidak cepat-cepat dilakukan tindakan medis.

Tanda-tanda bayi menderita hidrosefalus yakni bentuk kepalanya lebih besar dari bayi normal pada umumnya. Pada anak-anak akan sulit diketahui karena tulang kepalanya sudah berkembang. Namun mereka akan merasakan sakit kepala yang diiringi rasa mual, mengantuk, sulit menggerakkan kemampuan motorik, pandangan kabur, dan banyak mengedipkan mata.

Anak-anak yang memiliki gejala seperti ini harus segera ditangani dokter. Bagi calon pasangan ayah ibu yang khawatir jika anaknya nanti menderita hidrosefalus, cara-cara pencegahan dapat diambil seperti yang tertera berikut ini.

1. Sebelum Menikah

Sebelum menikah / Ist

Sebelum menikah / Ist

Bagi calon pasangan suami istri, sebaiknya sebelum menikah melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui gangguan atau penyakit apa yang diderita tiap pihak sehingga dapat dilakukan pencegahan bila nanti penyakit atau gangguan kesehatan tersebut berdampak pada si buah hati saat lahir begitu pula perkembangannnya.

Comment di sini