MH370 Terbang di Sekitar Indonesia, Ini Kata Malaysia

by
April 8th, 2014 at 2:42 pm

Kuala Lumpur (CiriCara.com) – Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang hingga saat ini masih belum ditemukan. Kesimpulan terbaru, pesawat jenis Boeing 777-200 ER tersebut diduga mengakhiri perjalanannya di Samudera Hindia.

perkiraan rute pesawat mh370

Perkiraan rute pesawat MH370 saat lintasi wilayah udara Indonesia – CNN

Menurut sumber CNN, pesawat MH370 sempat terbang di sekitar (bukan di atas) wilayah Indonesia saat menuju ke Samudera Hindia. Diduga pesawat tersebut sengaja menghindari radar Indonesia agar tidak terlacak. Apa reaksi Malaysia?

Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Malaysia Hishamuddin Hussein membantah informasi tersebut. Dalam jumpa pres di Kuala Lumpur, Senin (7/4/2014) petang kemarin, Hishamuddin menegaskan bahwa kabar MH370 terbang di sekitar Indonesia itu tidak benar.

“Itu tidak benar,” jawab Hishamuddin saat ditanya soal kebenaran informasi tersebut. “Mereka (Indonesia) telah mengkonfirmasi tak melihat pesawat tersebut,” tambah Hishamuddin, seperti dikutip dari The Malay Mail, Selasa (8/4/2014).

Meskipun demikian, bantahan Hishamuddin tersebut dianggap tidak menjawab keseluruhan pertanyaan reporter di media center dalam konferensi pers tersebut.

Sebelumnya, pada hari Minggu, seorang sumber dari kalangan pejabat senior di Malaysia menyebutkan bahwa MH370 sempat terbang di sekitar wilayah udara Indonesia, diduga sengaja untuk menghindari deteksi radar. Pesawat tersebut terbang ke arah utara Indonesia kemudian mengarah ke Samudera Hindia.

Koresponden internasional senior CNN, Nic Robertson menyampaikan, sumber tersebut menyebut bahwa MH370 belok kiri, menyimpang dari jalurnya (Kuala Lumpur-Beijing), kemudian melintasi Malaysia dan menuju ke wilayah Indonesia.

“Pejabat itu menyatakan bahwa mereka tahu dari melihat data radar dari negara-negara tetangga bahwa pesawat itu kemudian menghindari radar wilayah udara di Indonesia,” jelas Robertson dalam laporannya untuk Breaking News CNN.

Robertson juga menuturkan bahwa MH370 diterbangkan di sekitar Indonesia bagian utara dan bukan di atas Indonesia, sebelum akhirnya menuju ke Samudera Hindia. Hingga saat ini bangkai pesawat maupun black box MH370 masih belum ditemukan.

(YG)

Comment di sini