Cara Mengatasi Anak Suka Corat-Coret di Dinding

by
April 10th, 2014 at 3:17 pm

CiriCara.com – Orangtua sering kewalahan menghadapi anak yang suka sekali menggambar atau sekadar mencorat-coret tembok rumah sehingga sulit bagi mereka untuk membersihkannya. Namun sebaiknya orangtua tidak menghalangi kesukaan anak menggambar di dinding. Anak usia 2-4 tahun yang gemar mencorat-coret tembok berkaitan erat dengan perkembangan motorik halus.

Anak-anak lebih suka dinding daripada kertas sebagai media menggambarnya karena mereka merasa ikut terlibat di dalam kisah yang mereka gambarkan. Psikolog Tubagus Amin Fa, SPsi, CTL, CH, CHt, Cl menambahkan bahwa media dinding yang luas memberi ruang pada anak untuk ikut hanyut dalam gambar yang mereka buat.

Baca juga: Cara Cerdas Memilih Kursus Untuk Anak.

Beda halnya dengan anak usia 3-4 tahun, Becky Bailey, PhD, penulis buku There’s Gotta Be a Better Way, menjelaskan perkembangan fisik lebih memudahkannya menggambar dengan merentangkan tangan di depannya daripada di bawahnya.

Lalu apa saja tindakan bijak orangtua untuk menghadapi kreativitas dan ekspresi menggambar anak-anak di dinding? Berikut cara-caranya yang dapat Anda ikuti.

1. Sediakan Dinding Khusus Menggambar

Anak kecil menggambar di dinding / Ist

Anak kecil menggambar di dinding / Ist

Pilih salah satu ruangan rumah Anda yang sekiranya coretan-coretan anak Anda tidak mengganggu penglihatan orang. Kamar anak merupakan pilihan yang baik. Banyak cat dinding yang didesain bebas noda, Anda bisa menggunakan cat itu pada kamar anak Anda atau ruangan lain untuk mengantisipasi anak Anda mencorat-coret tembok seluruh rumah. Jenis cat ini akan melunturkan noda termasuk berbagai jenis alat gambar bila disemprot air.

Anda bisa juga melapisi dinding dengan kertas. Lapisi semua dinding dengan kertas putih sehingga anak Anda bebas mengekspresikan imajinasinya pada dinding tanpa merepotkan Anda dalam membersihkannya.

2. Papan Tulis

Menggambar di papan tulis / Ist

Menggambar di papan tulis / Ist

Belikan papan tulis untuk anak Anda dan tempel di dinding. Kapur warna-warni juga harus tersedia di dalamnya. Biarkan anak Anda menggambar atau mencorat-coret apapun sesuai dengan keinginannya. Dukung terus hobi menggambarnya karena bisa jadi ini adalah bakatnya.

3. Disiplin

Melatih disiplin / Kidspot

Melatih disiplin / Kidspot

Libatkan anak dalam membersihkan tembok yang penuh dengan coretan atau mengganti kertas yang baru di dinding. Hal ini dapat melatih rasa tanggungjawab serta kedisiplinannya. Bagai menyelam sambil minum air, Anda mendukung bakat menggambarnya serta melatihnya bertanggungjawab.

4. Beri Hadiah

Beri hadiah / Grandparents

Beri hadiah / Grandparents

Bila produktivitas anak dalam menggambar meningkat disertai dengan tanggung jawab dan disiplin membersihkan dan menata rapi semua peralatan menggambarnya, Anda pantas memberinya hadiah sebagai reward atas sikapnya yang positif. Hal ini akan memicu anak untuk terus melakukannya dengan baik. (MD)

Comment di sini