Bulan Akan Berwarna Merah Darah Pada 14-15 April 2014

by
April 11th, 2014 at 8:33 am

Houston (CiriCara.com) – Sebuah fenomena alam menarik diperkirakan akan terjadi pada 14-15 April 2014. Di mana akan muncul gerhana bulan yang berwarna kemerahan, seperti darah. Fenomena bulan merah darah ini juga biasa disebut dengan blood moon.

gerhana bulan

Ilustrasi bulan warna merah darah – Ist

Selain dianggap sebagai fenomena alam yang unik, beberapa orang juga meyakini bahwa blood moon itu adalah sebuah pertanda buruk. Mereka percaya, fenomena bulan warna merah darah itu bisa menjadi tanda bencana.

Bahkan, dalam buku “Four Blood Moons: Something Is About to Change” (Worthy Publishing, 2013) karya John Hagee, dijelaskan hubungan antara 4 gerhana bulan total dengan nurbuat soal kiamat. Namun, teori dalam buku tersebut dinilai hanya merupakan takhayul belaka.

Baca juga: Gerhana Bulan Diduga Sebabkan Gempa Bumi di Sukabumi.

Menurut ilmuwan, kepercayaan blood moon merupakan pertanda buruk itu muncul karena kurangnya pengetahuan masyarakat. Sama seperti kabar akan adanya komet yang menabrak bumi, yang sebenarnya dampak dari tabrakan itu tidak begitu besar.

Sebenarnya, fenomena blood moon itu merupakan fenomena alam yang sudah biasa terjadi di tata surya. Tidak ada pertanda buruk ataupun tanda akan terjadinya kiamat.

“Sekarang orang tahu bahwa gerhana seperti itu hanya kejadian normal, pada siklus tata surya,” ujar Geoff Gaherty dari Starry Nieght Education, seperti dikutip dari situs Space.com, Kamis (10/4/2014).

Pada tahun 2014 ini, ada gerhana bulan sebanyak 4 kali secara berurutan akan berlangsung (tetrad series of eclipses). Fenomena alam ini memang jarang terjadi. Namun, fenomena yang sama juga pernah terjadi pada tahun 2003 dan 2004 lalu.

Para ilmuwan membantah adanya tanda kiamat di balik fenomena gerhana bulan warna merah tersebut. Mereka menganggap blood moon adalah fenomena alam biasa.

(YG)

Comment di sini