Ciri-ciri Orang yang Golput Saat Pemilu

by
April 11th, 2014 at 4:14 pm

CiriCara.com – Golput atau golongan putih alias golongan yang tidak mau memilih saat pemilihan umum (Pemilu), hingga saat ini masih eksis. Bahkan, jumlah Golput di setiap Pemilu terbilang masih cukup banyak. Apakah Anda juga termasuk Golput?

golongan putih

Golput Bukan Pilihan – Ist

Penyebab orang menjadi Golput itu bermacam-macam. Mulai dari rasa malas, merasa percuma, tidak percaya dengan kualitas pemerintah, dan ada juga karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya semua masyarakat harus ikut serta dalam menyalurkan hak suaranya dalam Pemilu, seperti Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu. Namun nyatanya, masih ada saja orang yang Golput.

Berikut ciri-ciri orang yang Golput saat Pemilu:

1. Tangannya bersih

Setiap warga yang sudah menyalurkan hak suaranya (memilih caleg/capres) pasti akan mendapat tanda tinta di jari kelingking sebelah kiri. Jika ada orang yang sudah berusia 17 tahun ke atas, namun tangannya masih bersih, itu tandanya kalau dia tidak mencoblos alias Golput. Penasaran berapa Golput di tempat Anda? Silakan cek saja tangan mereka satu per satu. :)

2. Bersikap cuek

Lihat reaksi orang tersebut saat Anda membicarakan masalah Pemilu. Jika orang itu malah cuek dan langsung bilang tidak percaya dengan kinerja pemerintah, itu tanda kalau dia bakal Golput saat Pemilu. Sikapnya itu menunjukkan kalau dia sudah berniat Golput dari awal.

3. Lebih pilih bekerja

Orang yang akan menjadi Golput biasanya lebih mementingkan pekerjaan ketimbang pergi ke TPS untuk mencoblos. Jika dia tetap bekerja di saat Pemilu, itu tanda kalau dia bakalan Golput. Prinsipnya, kalau sempat ya nyoblos kalau nggak sempat ya Golput.

ayo memilih di pemilu

Ajakan ayo memilih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) – Ist

4. Anti pemerintah

Biasanya orang akan berubah jadi Golput karena menurutnya tidak ada calon yang benar untuk menjabat di pemerintahan. Jika Anda menemui orang yang beranggapan bahwa tidak ada orang yang baik di pemerintahan, itu tanda kalau dia bakalan jadi Golput.

5. Para perantau

Walaupun tidak semua, namun beberapa perantau yang bekerja di negeri orang atau di luar kota biasanya akan memilih Golput. Alasanya, karena tidak mau repot atau pun malas. Apalagi, sosialiasi KPU masih kurang untuk para perantau ini.

Sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai hak suara, hendaknya kita ikut serta dalam mensukseskan Pemilu. Apalagi masa depan Indonesia ditentukan oleh Pemilu tersebut. Mari kita sukseskan Pemilu 2014!

(YG)

Comment di sini