Cara Cepat Mengerjakan Soal Ujian Nasional 2014

by
April 14th, 2014 at 9:20 am

CiriCara.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali mengadakan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP atau SMA (sederajat). UN tahun 2014 ini sudah mulai digelar pada Senin (14/4/2014) hari ini, secara serentak untuk tingkat SMA.

peserta ujian nasioanl

Ujian Nasional – Ist

Bagi kamu yang akan menghadapi UN, sebaiknya lakukan persiapan mulai dari sekarang. Siapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari persiapan mental maupun persiapan materi yang akan diteskan pada UN kali ini.

Baca juga: Jadwal Ujian Nasional (UN) 2014 SMP dan SMA.

Selain belajar, kamu juga harus tahu strategi dalam mengerjakan UN. Strategi ini nantinya akan membantu kamu agar bisa lebih efektif dalam memanfaatkan waktu UN. Dengan demikian, kamu tidak perlu takut kehabisan waktu saat mengerjakan soal.

Perlu kamu tahu: jumlah soal UN biasanya ada 40 atau 50 dengan waktu pengerjaan selama 120 menit. Itu artinya, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal adalah 2-3 menit.

Berikut strategi mengerjakan UN 2014:

1. Teliti mengisi identitas diri

Lima belas menit sebelum ujian dimulai, peserta dipersilahkan untuk mengisi identitas diri di lembar jawaban komputer (LJK). Manfaatkan waktu sebaik mungkin, tidak perlu terburu-buru yang penting harus teliti. Karena ada beberapa kasus, peserta gagal lulus UN gara-gara pengisian identitas yang tidak tepat.

2. Strtegi lompati soal

Setelah soal dibagikan dan waktu pengerjaan sudah dimulai, segera baca soal nomor 1 dan pilih jawaban yang sesuai. Jika dirasa soal nomor 1 sangat sulit untuk dikerjakan, segera pindah ke soal nomor 2, demikian seterusnya sampai ke soal terakhir. Hal ini menghindari kamu kehabisan waktu dan belum sempat menjawab soal-soal yang lebih mudah.

un 2014

Ujian Nasional (UN) – Ist

3. Teliti soal belum terjawab

Setelah sampai di soal terakhir, kembali teliti LJK dan lihat soal nomor berapa saja yang belum terjawab. Coba ingat-ingat teori atau rumusnya, siapa tahu tiba-tiba saja kamu ingat jawabannya. Jika tidak ingat juga, coba pilih jawaban yang kiranya paling masuk akal atau pun dirasa paling “sreg” di hati.

4. Mengerjakan soal tersulit

Mungkin kamu akan menemui beberapa soal tersulit yang tidak ada gambaran sama sekali. Jika hal ini terjadi, kamu bisa analisis jawaban mana (A, B, C, D, E) yang paling sedikit kamu pilih di LJK. Misal, jawaban A adalah yang paling sedikit, maka kamu bisa memilih A untuk soal yang belum terjawab. Namun, cara ini sebenarnya tidak dianjurkan.

Strategi keempat ini ditempuh dengan asumsi bahwa distribusi kunci jawaban menganut distribusi normal, di mana rata-rata per option (A, B, C, D, E) adalah jumlah seluruh soal dibagi jumlah option +- 3. Contoh: untuk soal UN jumlah 40 soal dan option jawaban ada 5, maka pada kunci jawaban rata-rata tiap option ada 8 buah.

Itulah beberapa strategi yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan UN agar lebih efektif dalam pemanfaatan waktu pengerjaannya. Selain strategi di atas, kamu juga harus meminta doa restu dari orangtua agar bisa diberi kemudahan dalam mengerjakan soal UN.

Semoga berhasil!

(YG)

Comment di sini