Cara Dribbling Yang Baik Dalam Sepakbola

by
April 14th, 2014 at 3:33 pm

CiriCara.com – Dalam permainan sepakbola setiap pemain harus mempunyai kemampuan untuk dribbling atau menggiring bola dengan kedua kaki. Teknik ini berguna untuk menjaga agar bola tetap berada dalam jangkauan pemain dan sulit direbut lawan.

belatih dribbling bola

Dribbling bola – Ist

Para pemain sepakbola profesional biasanya mengkombinasikan teknik dribbling dengan teknik tipuan untuk melewati pemain lawan. Perpaduan dua teknik ini lah yang ampuh untuk membongkar pertahanan lawan.

Meskipun terlihat mudah, tidak semua pemain bisa melakukan dribbling dengan baik. Ada yang bisa dribbling dengan bagus, namun tidak mempunyai kecepatan. Akibatnya bola bisa dengan mudah direbut oleh lawan.

Berikut cara dribbling yang baik dalam sepakbola:

1. Atur kekuatan tendangan

Agar bola tidak melaju terlalu jauh dari kaki, kamu harus bisa mengatur kekuatan tendangan. Jangan samakan menendang bola saat penalti dengan menendang bola saat mendribbling. Tendang bola secara perlahan dan sesuaikan dengan kemampuan lari kamu.

2. Kaki bagian dalam/luar

Dalam dribbling bola kamu bisa menggunakan kaki bagian dalam dan luar. Kaki bagian dalam bisa digunakan untuk membelokkan arah bola agar lebih terkontrol, sementara kaki bagian luar untuk mendribbling bola dengan cepat.

3. Atur keseimbangan tubuh

Saat mendribbling bola, kamu hanya akan bertumpu pada satu kaki untuk menjaga keseimbangan, karena kaki yang satunya lagi dipakai untuk mengontrol bola. Jadi sangat penting untuk kamu berlatih menjaga keseimbangan tubuh dengan satu kaki.

4. Fokus pandangan

Kamu memang perlu melihat bola saat mendribbling. Namun, kamu juga harus melihat posisi teman maupun lawan. Dengan demikian, kamu bisa tahu kapan harus mengumpan dan kapan harus menendang bola ke gawang lawan.

5. Kekuatan dan kecepatan

Dribbling akan semakin sempurna jika si pemain juga mempunyai kekuatan fisik serta kecepatan lari yang bagus. Dengan demikian, tidak akan ada lawan yang bisa mengejar atau pun menjatuhkan pemain saat melakukan dribbling.

Untuk melengkapi teknik dribbling, kamu bisa memadukannya dengan beberapa teknik menggocek yang bisa menipu lawan. Berikut videonya:

(YG)

Comment di sini