Cara Liburan Murah ke Gunung Bromo

by
April 14th, 2014 at 4:32 pm

CiriCara.com – Siapa yang tidak kenal Gunung Bromo? Gunung yang terletak di empat kabupaten, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang ini sudah sangat terkenal dengan keindahan panorama alamnya. Tak heran banyak turis yang berkunjung ke Bromo.

wisata ke gunung bromo

Wisata di Gunung Bromo – Ist

Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Gunung Bromo hanya untuk sekadar mengisi waktu libur ataupun berwisata. Gunung yang berada di Jawa Timur ini memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, Gunung Bromo juga sering dijadikan lokasi syuting FTV.

Sebagian orang beranggapan bahwa wisata ke Gunung Bromo itu harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Namun, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Anda juga tetap bisa kok wisata ke Gunung Bromo dengan biaya yang murah.

Berikut cara liburan murah ke Gunung Bromo:

1. Pilih penginapan

Saat berwisata ke Gunung Bromo, sebaiknya pilih penginapan yang berjenis homestay. Biasanya penginapan jenis homestay ini harganya lebih murah dibanding hotel, yakni berkisar ratusan ribu saja. Homestay ini banyak dijumpai di dekat pintu masuk tempat wisata Bromo.

2. Datang hari biasa

Sejumlah penginapan di Bromo menerapkan harga yang berbeda pada hari Minggu dan hari libur nasional. Untuk hari libur, biasanya penginapan memasang harga lebih mahal dibanding pada hari biasa. Jika ingin berhemat, maka datanglah pada hari biasa.

3. Pandai menawar

Untuk menuju ke pura yang berada di lautan pasir, wisatawan biasanya membutuhkan kendaraan khusus. Anda bisa menggunakan ojek motor, sewa mobil Jeep, atau naik kuda. Pilih alat transportasi yang paling murah, di sini Anda harus pandai-pandai dalam menawar.

pemandangan alam

Pemandangan di Gunung Bromo – Ist

4. Bawa perlengkapan dari rumah

Untuk wisata ke Gunung Bromo, Anda membutuhkan sejumlah perlengkapan, yakni sarung tangan, kaos kaki, jaket, shal, dan tutup kepala/kupluk. Dengan demikian Anda tidak perlu membeli lagi saat sampai di Bromo, yang harganya bisa lebih mahal.

Berikut harga di Gunung Bromo, per April 2014:

- Tiket masuk:
Wisatawan lokal: Rp 10.000
Wisatawan mancanegara: Rp 72.500

- Jika jadi naik per 1 Mei 2014, tiket masuk wisatawan lokal jadi Rp 37.500 (hari biasa) per orang dan Rp 67.500 (hari libur) per orang. Sementara untuk wisatawan mancanegara naik jadi Rp 267.500 per orang. Namun keputusan ini masih jadi kontroversi.

(YG)

Comment di sini