Cara Membuat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit

by
April 14th, 2014 at 2:11 pm

CiriCara.com – Beras atau nasi adalah makanan pokok penduduk Indonesia dan mayoritas penduduk di benua Asia. Tidak hanya kaya akan sumber vitamin B dan baik untuk tubuh, ternyata beras juga punya segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Digunakan sebagai perawatan alami untuk kulit, beras mempunyai manfaat seperti:

  • Ekstrak beras membantu memproduksi kolagen yang berfungsi menjaga keelastisan kulit.
  • Struktur kimianya membantu dalam regenerasi dan mengurangi sel-sel kulit mati.
  • Kaya akan vitamin E yang berguna memelihara kulit dan membuatnya awet muda.
  • Ferulic acid pada beras berperan sebagai antioxidant atau anti radikal bebas.
  • Kandungan oryzanol dapat memperbaharui pigmen kulit dan menangkal pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk produk-produk perawatan wajah yang harganya selangit. Beras saja jika diolah menjadi masker buatan rumah juga baik untuk merawat kecantikan kulit. Sebaiknya pilih beras organik sebab tidak ada kandungan pestisida yang dapat merusak kulit. Berikut cara membuat berbagai macam masker beras.

1. Toner Air Beras

Toner air beras / Ist

Toner air beras / Ist

Siapkan setengah mangkok beras organik, bisa gunakan beras putih, beras merah, atau beras hitam. Lalu tambahkan satu mangkok air mineral atau air putih, aduk hingga warna air mengeruh. Jika sudah, pisahkan air dengan berasnya dan taruh air ke dalam botol kosmetik khusus toner.

Cara menggunakan toner air beras ini mudah saja. Basahkan kapas dengan toner lalu usap-usapkan pada wajah. Pakai toner ini setelah mencuci wajah untuk membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang tidak terangkat sabun pencuci wajah dan menjaga kulit tetap lembab.

Untuk dijadikan masker, siapkan kertas tissue atau kertas masker yang mudah ditemui di pasaran. Celupkan kertas masker ke dalam toner air beras lalu tempelkan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit hingga manfaat beras meresap ke kulit. Setelah itu, lepas perlahan maskernya dan tepuk-tepuk lembut wajah dengan telapak tangan agar air beras dapat lebih terserap.

Cara ini sangat populer di Jepang karena panas yang ditimbulkan telapak tangan membantu penyerapan toner oleh kulit wajah.

Baca juga: Khasiat Air Beras untuk Kecantikan.

Comment di sini