Cara Mengatasi Anak yang Pemalu

by
April 14th, 2014 at 11:41 am

CiriCara.com – Beberapa anak pada dasarnya memang ada yang terlahir pemalu. Sifat pemalu anak ini bisa menurun dari ayah maupun ibunya. Apakah sifat pemalu anak ini bisa diubah? Bagaimana cara mengatasinya?

menghadapi anak pemalu

Anak Pemalu – Ist

Merubah anak pemalu karena keturunan (gen) itu memang tidak mudah. Namun jangan khawatir, sifat pemalu anak itu bisa kok diubah sedikit demi sedikit, minimal dia akan berubah jadi lebih berani saat bertemu dengan orang baru.

Anak pemalu biasanya akan selalu minta diantar ke sekolah dan harus ditemani hingga jam pelajaran usai. Jelas, hal ini akan menyulitkan Anda sebagai orangtua. Pekerjaan di rumah jadi tidak terurus karena Anda harus menemani si kecil hingga pulang sekolah.

Nah! Berikut ada cara mudah mengatasi anak pemalu:

1. Ajarkan cara berkenalan

Si kecil mungkin malu bertemu orang baru karena tidak tahu harus berbuat apa. Untuk itu, Anda bisa mengajari anak cara berkenalan yang baik. Misalnya, ajari si kecil untuk cium tangan atau jabat tangan setiap kali bertemu orang baru. Cara ini membantu si kecil jadi lebih terbuka.

2. Jalin komunikasi yang baik

Setelah proses jabat tangan tadi, mungkin rasa malu si kecil sudah mulai berkurang. Setelah itu, Anda bisa mengajak si kecil untuk berkomunikasi dengan orang baru itu. Melibatkan anak untuk berkomunikasi dengan orang baru akan membuatnya menjadi lebih mudah akrab.

3. Berikan bocoran

Anda bisa berikan sedikit gambaran tentang siapa saja yang akan si kecil temui nanti. Dengan cara ini, orang-orang baru tersebut tidak akan menjadi orang yang sama sekali asing bagi si kecil. Minimal, Anda sudah memberitahu si kecil harus bersikap seperti apa nanti.

anak pemalu4. Datang ke tempat ramai

Cobalah untuk melibatkan si kecil dengan interaksi bersama banyak orang. Misalnya, ikut lomba atau pergi ke tempat-tempat yang ramai dan biarkan si kecil melakukan apa yang dia inginkan. “Mengurung” si kecil di rumah hanya akan membuat dia jadi tertutup.

5. Jangan memaksa

Setiap kali Anda memaksa, si kecil justru akan semakin merasa malu. Lebih baik bujuk dengan lembut. Misalnya, saat si kecil menolak untuk berjabat tangan, jangan dipaksa, mungkin dia belum terbiasa. Memaksa hanya akan membuat si kecil tertekan dan akhirnya malah menangis.

Hindari membelikan mainan yang bersifat individu, hal ini karena permainan tersebut justru akan membuat si kecil cenderung asik sendiri dan menutup diri untuk orang lain. Lebih baik pilih permainan yang bisa dimainkan dua orang atau lebih, agar si kecil terbiasa berinteraksi dengan banyak orang.

(YG)

Comment di sini