Ciri Tubuh Kelelahan yang Jarang Disadari

by
April 14th, 2014 at 2:29 pm

CiriCara.com – Setiap orang butuh waktu istirahat untuk mengembalikan kondisi kebugaran tubuh setelah seharian penuh beraktivitas. Tubuh yang kurang istirahat akan mudah lelah dan pada akhirnya jatuh sakit.

tubuh merasa lelah

Tubuh lelah – Ist

Kesibukan karena pekerjaan atau tugas kuliah sering membuat orang mengabaikan kondisi tubuhnya. Kebiasaan begadang tiap malam pun sangat berpengaruh pada kondisi tubuh. Namun karena sudah menjadi kebiasaan, hal itu pun tidak dirasakan.

Sebenarnya, kelelahan pada tubuh itu tidak selamanya didahului sinyal rasa sakit atau pegal-pegal. Tubuh yang dirasa baik dan sehat, bisa saja sebenarnya mengalami kelelahan karena Anda terus lembur bekerja.

Berikut ciri-ciri tubuh alami kelelahan namun tidak disadari:

1. Merasa resah

Jika Anda tiba-tiba merasa resah atau gelisah, seperti tidak tenang saat duduk dan jantung berdebar kencang, ini tanda tubuh mengalami kelelahan. Tubuh akan secara tidak langsung mengirimkan sinyal perasaan resah ke otak, ini bisa terjadi karena Anda kurang tidur.

2. Jatuh tertidur

Jika Anda pernah mengalami jatuh tertidur di meja kantor, ini bisa menjadi tanda tubuh mengalami kelelahan. Saat tubuh merasa lelah, bagian otak yang mengontrol perhatian akan mengambil waktu istirahat secara tiba-tiba. Itu lah sebabnya Anda bisa tertidur mendadak.

3. Kurang keseimbangan

Jika Anda merasa kurang seimbang atau mungkin kopi Anda berceceran jatuh ke lantai ketika Anda berjalan, ini tanda tubuh kelelahan. Kurangnya keseimbangan pada tubuh ini terjadi karena salah satu bagian tubuh tidak mampu bekerja dengan baik akibat terlalu lelah.

mudah lelah - nyp.org

mudah lelah – nyp.org

4. Mudah marah

Anda tiba-tiba jadi sering marah belakangan ini? Padahal, tidak ada masalah yang besar. Ini bisa jadi ciri tubuh mengalami kelelahan. Saat tubuh terlalu lelah, maka otak tidak mampu bekerja dengan baiknya. Akibatnya, hal yang seharusnya mudah malah terlihat sulit.

5. Tidak bisa konsentrasi

Saat Anda tidak bisa berpikir atau pun berkonsentrasi, sebaiknya segera beristirahatlah. Itu tanda tubuh Anda kelelahan. Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja hanya akan membuat pekerjaan Anda tidak selesai dengan baik. Karena tubuh yang kurang istirahat akan memuculkan sinyal yang tidak baik ke otak.

Kenali lah kondisi kebugaran tubuh Anda sendiri, jangan tunggu sakit. Istirahatlah dengan teratur dan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.

(YG)

Comment di sini