4 OS Alternatif Smartphone Pesaing Android

by
April 15th, 2014 at 10:27 am

CiriCara.com – Belakangan muncul rumor hangat tentang Samsung yang akan segera meninggalkan OS atau sistem operasi Android yang selama ini menjadi nyawa bagi sebagian besar produk smartphone Samsung.

Sebelum meninggalkan Android, Samsung sudah menyiapkan OS sendiri dengan nama Tizen. Tizen yang sudah dirancang bertahun-tahun bukan satu-satunya sistem operasi ‘underground‘ selain Windows Phone, iOS, dan Android. Ada berbagai OS alternatif yang mungkin belum terlalu dikenal di rancah teknologi.

Berikut ulasan beberapa OS alternatif yang belum terlalu dikenal namun memiliki potensi yang besar untuk menyaingi OS smartphone Android, iOS, dan Windows Phone:

1. Tizen

Tizen OS / Engadget

Tizen OS / Engadget

Tizen sudah dibuat sejak beberapa tahun terakhir yang dikabarkan akan mampu menyaingi Android yang kini merajai sistem operasi smartphone seluruh dunia. Tizen dikabarkan akan memasuki perangkat buatan Samsung dalam waktu dekat.

Tizen merupakan OS terbuka buatan Linux Foundation dan Intel yang bisa dijejalkan pada perangkat dari vendor manapun. Dari awal pembuatannya, Tizen sudah didukung oleh provider asal Perancis, Orange, vendor smartphone asal China, Huawei dan provider telekomunikasi dari Jepang, NTT Docomo.

Comment di sini