Cara Atasi Rasa Kecewa Ditolak Kerja

by
April 15th, 2014 at 4:49 pm

CiriCara.com – Saat mencari pekerjaan tentunya Anda tidak akan langsung mendapatkan pekerjaan begitu saja. Ada kalanya lamaran yang Anda ajukan itu ditolak perusahaan karena dinilai tidak sesuai. Harus bagaimana?

ditolak kerja

Kecewa ditolak kerja – Ist

Rasa kecewa karena ditolak kerja itu pasti akan muncul dalam diri Anda. Tak jarang, karena sudah terlalu kecewa, Anda pun akhirnya pesimis dan malah jadi malas untuk mencari pekerjaan yang lain. Anda takut jika nantinya lamaran Anda ditolak lagi.

Kecewa itu boleh saja, namun jangan sampai Anda kemudian malah berputus asa. Ditolak kerja itu sudah wajar terjadi. Buat apa merasa malu atau takut? Karena hal yang sama juga pernah dialami para pekerja lainnya.

Berikut cara atasi rasa kecewa ditolak kerja:

1. Berpikir positif

Jangan sekali-kali Anda menyalahkan diri sendiri karena gagal diterima kerja. Cobalah untuk tetap berpikir positif dan tetap semangat mencari kerja. Mungkin pekerjaan itu tidak cocok untuk Anda. Yakin lah bahwa Anda akan mendapat pekerjaan yang lebih baik lagi.

2. Coba bertanya

Tidak ada salahnya jika Anda bertanya ke pihak perusahaan kenapa Anda ditolak. Tujuannya agar Anda tidak penasaran dan bisa memperbaiki kekurangan tersebut kedepannya. Tapi, jika Anda tidak mendapat jawaban, jangan marah, lebih baik Anda evaluasi diri sendiri saja.

3. Curhat ke teman

Agar perasaan Anda lebih tenang, tidak ada salahnya jika Anda mencurahkan isi hati ke teman atau keluarga. Mungkin mereka bisa memberi Anda motivasi atau dorongan agar Anda kembali bersemangat dalam mencari pekerjaan.

4. Cari kerjaan baru

Berlama-lama bersedih karena ditolak kerja tidak akan merubah nasib Anda. Jadi akan lebih baik lagi jika Anda memfokuskan diri untuk mencari lowongan pekerjaan lainnya. Masih banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja seperti Anda.

5. Jadikan pengalaman

Kegagalan dalam melamar pekerjaan bisa menjadi pengalaman terbaik dalam hidup Anda. Tanpa kegagalan ini, Anda tidak akan tahu bagaimana caranya agar bisa sukses. Jadi, jangan jadikan kegagalan itu sebagai batu sandungan. Tapi jadikan kegagalan itu sebagai batu loncatan menuju sukses.

Itulah beberapa cara atasi rasa kecewa karena ditolak kerja. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini