Cara Mencegah Anak Merokok

by
April 15th, 2014 at 11:07 am

CiriCara.com – Saat ini merokok tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tapi para pelajar dan remaja pun sudah banyak yang mulai merokok. Entah itu karena pengaruh pergaulan atau juga karena pengawasan orangtua yang kurang.

mencegah anak merokok

Tingkah remaja yang merokok – Ist

Kebiasaan merokok di usia remaja memang sudah menjadi pemandangan yang biasa. Tentunya, hal ini akan membuat para orangtua merasa khawatir anaknya juga akan ikut merokok karena pergaulan seperti itu.

Seperti yang diketahui, merokok itu bisa berbahaya untuk kesehatan. Karenanya, sebagai orangtua Anda harus menjaga putra-putri Anda dengan baik agar mereka tidak terjerumus dan ikut merokok seperti teman-temannya.

Berikut cara mencegah anak merokok:

1. Jangan Merokok

Anak akan langsung membantah saat diminta tidak merokok. Mereka beralasan ayah atau ibunya juga merokok, kenapa mereka tidak boleh? Karenanya, jika ingin melarang anak merokok, Anda pun harus berhenti merokok dan jadilah contoh yang baik untuk anak.

2. Beri Penjelasan

Saat anak berbicara mengenai temannya yang merokok, Anda jangan langsung marah. Lebih baik Anda jelaskan bahaya dari merokok. Bilang padanya untuk tidak merokok seperti temannya, karena itu berbahaya. Dengan demikian, anak pasti akan takut untuk merokok.

3. Cara menolak ajakan merokok

Ajari anak bagaimana caranya menolak ajakan teman untuk merokok. Berikan cara-cara yang baik dan halus agar temannya tidak tersinggung. Dengan demikian, anak Anda tidak perlu merokok meskipun bergaul dengan teman yang merokok.

berhenti merokok

Berhenti merokok – Ist

4. Jangan langsung marah

Saat melihat anak merokok bersama teman-temannya, Anda jangan langsung marah. Lebih baik tunggu sampai dia pulang ke rumah. Memarahi anak di depan teman-temannya hanya akan membuat dia merasa malu. Jelaskan Anda tidak marah, tapi Anda sayang kepadanya dan tidak ingin dia sakit karena merokok.

5. Cari tahu penyebabnya

Kenapa anak Anda merokok? Dengan mengetahui alasan anak merokok, Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan. Misalnya, karena terpengaruh teman, Anda bisa meminta anak untuk mencari teman baru yang lebih baik atau kurangi jam mainnya.

Pengawasan orangtua sangat diperlukan agar anak tidak salah dalam memilih pergaulan. Karena sekali dia terjerumus, maka akan susah untuk kembali menjadi anak yang baik. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini