Cara Tepat Merawat Behel Gigi

by
April 15th, 2014 at 4:58 pm

CiriCara.com – Perawatan behel atau kawat gigi akan sangat merepotkan maka Anda perlu pertimbangan dan persiapan matang sebelum memasang behel. Rongga-rongga kecil pada behel sering membuat makanan terperangkap atau selilitan yang nantinya akan menimbulkan plak. Plak ini juga akan memicu permasalahan gigi lainnya yang bisa menghabiskan waktu serta uang Anda untuk perawatan gigi.

Perawatan behel memang lumayan banyak, selain harus higienis, setiap bulan harus rajin kontrol ke dokter gigi untuk mengganti karet atau kawat behel. Agar fungsi behel menjadi maksimal, yaitu merapikan gigi, Anda perlu untuk menjaga dan merawatnya agar tetap dalam kondisi baik atau tidak lepas.

Berikut cara merawat behel gigi yang disarankan.

1. Menjaga Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan gigi / Ist

Menjaga kebersihan gigi / Ist

Pengguna behel gigi selayaknya mempunyai frekuensi sikat gigi yang lebih sering jika dibanding dengan mereka yang tidak memakai. Sisa-sisa makanan bisa menumpuk di rongga-rongga behel dan celah-celah antara gigi dan behel. Jika tidak dibersihkan dengan sempurna akan menimbulkan plak atau kerak gigi, bahkan gigi berlubang. Maka, menyikat gigi dilakukan setiap habis makan untuk menjaga kebersihan dan mencegah bau mulut tidak sedap serta perubahan warna gigi.

Sangat disarankan memilih sikat khusus behel yang dapat mencapai celah-celah terkecil gigi dan behel. Sikat ini biasanya berbentuk kecil dengan diameter yang sangat halus. Bisa juga gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Gunakan pula mouthwash tanpa alkohol untuk menjaga nafas tetap segar.

Comment di sini