Cara Agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

by
April 16th, 2014 at 11:34 am

CiriCara.com – Kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur masih saja terjadi di Indonesia. Bahkan, baru-baru ini terungkap kasus pelecehan seksual yang dialami murid TK di Jakarta International School (JIS).

pencabulan terhadap anak

Ilustrasi pelecehan seksual terhadap anak – Ist

Parahnya lagi, kasus pencabulan tersebut terjadi saat anak masih berada di lingkungan sekolah. Tentunya hal ini membuat banyak pihak prihatin, sekolah yang harusnya menjadi tempat menuntut ilmu justru berubah jadi tempat yang menakutkan bagi korban.

Kasus pelecehan seksual terhadap anak ini tentu menjadi salah satu peringatan untuk para orangtua agar lebih waspada. Jangan sampai masa depan anak Anda hancur karena menjadi korban pelecehan.

Berikut cara agar anak terhindar dari pelecehan seksual:

1. Awasi semua kegiatan anak

Pengawasan orangtua sangat diperlukan untuk mencegah anak dari pelaku pencabulan. Awasi semua kegiatan anak, baik di rumah maupun di luar rumah. Jika di sekolah, pengawasan bisa dilakukan oleh guru dan ataupun satuan pengamanan sekolah.

2. Ajari anak untuk membela diri

Pelaku pencabulan berani melakukan pelecehan karena menilai anak-anak itu lemah dan tidak bisa melawan. Nah! Di sini peran orangtua untuk mengajarkan anak cara membela diri saat ada orang asing yang mengganggunya. Misalnya, berteriak minta tolong atau lari.

3. Ajari anak jadi pemberani

Kebanyakan korban pencabulan mengaku takut karena ancaman pelaku. Sehingga dia pun memilih untuk tetap diam dan malah jadi korban pencabulan hingga berulang kali. Nah! Anda sebagai orangtua harus mengajari anak jadi pemberani. Berani melapor, jika ada orang yang menyakitinya. Dengan demikian, pelaku pencabulan bisa segera ditangkap.

Ilustrasi pelecehan seksual - Ist4. Jalin komunikasi yang baik

Hubungan orangtua dan anak harus berjalan dengan baik. Jalin komunikasi yang baik, sehingga anak tidak akan takut atau pun malu menceritakan sesuatu hal yang terjadi padanya selama di sekolah. Dengan demikian, Anda bisa segera tahu jika ada orang ingin berbuat macam-macam pada si kecil.

5. Waspada dari segala kemungkinan

Pelecehan seksual terhadap anak bisa juga dilakukan oleh orang dekat. Jadi Anda wajib waspada jika ada orang di sekitar Anda yang kelihatannya berperilaku aneh saat melihat anak Anda. Sebaiknya jaga si kecil dari orang tersebut.

Angka kasus pelecehan seksual terhadap anak terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Karenanya, Anda para orangtua diminta untuk lebih waspada dan peka terhadap perubahan perilaku anak. Jangan sampai anak Anda jadi korban pencabulan.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini